Ini Ancaman Bagi Mereka yang Suka Makan dengan Tangan Kiri

Ancaman Bagi Yang Makan dengan Tangan Kiri

Situshiburan.com – Islam memang menjadi rujukan untuk kehidupan didunia ini. Semua hal yang dilakukan oleh manusia sudah diatur dengan benar oleh agama islam. Salah satunya adalah aturan makan dengan menggunakan tangan kanan. Rasulullah SAW mengharamkan umatnya makan dengan menggunakan tangan kiri, ini karena hanya setan yang makan dengan menggunakan tangan kiri.

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari, yang disampaikan oleh Aisyah menyebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu menggunakan tangan kanannya, seperti saat makan, minum dan bersuci.

Sebuah hadis yang diucapkan oleh Salamah bin Al Akwa’, yang isinya adalah,  “Pada saat itu ada laki-laki yang sedang makan dan duduk di samping Rasulullah. Pria tadi kemudian makan dengan tangan kiri. Melihat hal tersebut, Rasulullah sempat memberi tahu laki-laki tadi untuk makan menggunakan tangan kanan, jangan tangan kiri. Pria tersebut menolak dengan kata “tidak bisa”, dan bicara dengan sombong. Karena hal itu, akhirnya tangannya tidak bisa sampai ke bagian mulutnya.”

Namun, ada juga hadist yang disampaikan Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin mengatakan bahwa tidak apa-apa jika  seseorang menggunakan tangan kiri untuk makan jika terdapat suatu halangan atas tangan kanan.

Seperti dilansir Kumpulanmisteri.com, makan dengan tangan kiri hanya dilakukan para setan. Jika ada manusia yang makan dengan tangan kiri, berarti sama saja dia berperilaku seperti setan.