5 Misteri Besar dari Indonesia ini Sampai Sekarang Gak Bisa Terpecahkan

4

Situshiburan.com – Indonesia disebut salah satu negara yang dikeliling oleh pulau-pulau indah. Indonesia juga merupakan negara yang kaya sehingga banyak sekali negara-negara yang berusaha mengambil keuntungan dari kekayaan Indonesia.

Namun, di balik keindahan dan kekayaannya, Indonesia menyimpan sejuta misteri yang sampai sekarang belum bisa dipecahkan.

Nah, berikut ini ada lima misteri besar dari Indonesia yang belum bisa dipecahkan. Mau tau apa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Manusia Hobit dari Flores

1

Pada tahun 2003 lalu, para peneliti menemukan sebuah penemuan baru 9 spesimen tulang yang diduga manusia jenis baru, yang ditemukan di Liang Bua, sebuah gua kapur di Flores. Tulang belulang yang ditemukan sangat kecil hingga hanya mencapai 100 cm saja. Ini membuat para arkeolog menyebutnya sebagai manusia hobit, atau manusia kerdil. Namun, sampai saat ini belum bisa diketahui jenis manusia apa kah yang memiliki tulang belulang yang berukuran sangat kecil.

2. Suku Lingon, Manusia Bermata Biru dari Hutan Rimba Indonesia

2

Suku Lingon adalah suku yang tinggal di sekitar Kepulauan Halmahera bagian selatan. Suku bermata biru ini tinggal di tengah hutan belantara, namun sering keluar untuk mencari makan. Suku Lingon memiliki tubuh yang besar tinggi, putih, dan mata yang biru. Dilihat dari ciri fisik mereka bukan berasal dari ras-ras yang ada di Indonesia, tapi Eropa. Namun, belum diketahui pasti apakah suku lingon berasa dari Eropa atau bukan.

3. Situs Megalitikum Gunung Padang

3

Gunung Padang adalah nama sebuah situs megalitikum yang paling besar di Indonesia. Situs ini terletak di Cianjur, Jawa Barat. Para ahli sampai saat ini belum bisa mengetahui siapa sajakah orang yang ada di balik pembuatan situs ini dan dari era mana saja kah. Namun, situs ini dikatakan lebih tua dari candi borobudur.

4. Misteri Suku Berekor dari Kalimantan

4

Seorang pelancong asal Norwegia yang bernama Carl Alfred Bock menjelajah Borneo atau Kalimantan, pada tahun 1879. Ia kemudian mendengar adanya keberadaan suku berekor yang tinggal di dalam hutan dan hanya keluar disaat tertentu saja.  Carl pun berusaha terus mencari keberadaan manusia berekor ini, namun tak pernah bertemu hingga saat ini.

5. Piramida Sadahurip di Garut

5

Indonesia juga memiliki piramida yang sama dengan yang ada di Mesir. Piramida di Indonesia terletak di Garut yang disebut sebagai Gunung Sadahurip. Penduduk setempat menyebut piramida itu sebagai gunung Sadahurip. Jika dilihat dengan detail bentuk gunung Sadahurip ini berbentuk seperti limas. Gunung ini, diketahui adalah hasil dari buatan manusia. Namun, para peneliti belum bisa mengetahui suku apa yang membangun gunung Sadahurip ini.

Nah, itulah dia ke lima misteri yang ada di Indonesia dan belum dapat dipecahkan.