Jangan Malu Makan Petai, ini 9 Manfaat Luar Biasa yang Akan Kamu Dapatkan

petai_20151210_134140

Situshiburan.com – Kebanyakan orang pasti akan mengernyitkan dahi saat melihat petai sebagai salah satu lauk yang disajikan. Padahal, harus kamu tahu bahwa petai yang dikatakan memiliki bau yang sangat menyengat ini mengandung sejuta manfaat kesehatan untuk tubuh.

Manfaat kesehatan itu didapat dari kandungan petai akan nutrisi yang sangat tinggi. Jika kamu mengonsumsi petai secara rutin, niscaya tubuh kamu akan tidak mudah terkena penyakit.

Perlu kamu ketahui bahwa petai mengandung protein empat kali lebih banyak dari apel, mengandung karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.

Petai juga merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji. Mengandung fosfor yaitu 115 mg per 100 g biji, dan vitamin c yaitu 46 mg per 100 g biji.

Nah, berikut ini ada sembilan manfaat dari petai yang harus kamu ketahui. Seperti dilansir Bangkapos.com, inilah ulasannya.

1. Petai mengandung tryptophan yaitu asam amino di dalam tubuh yang menghasilkan serotonin. Serotonin itu sendiri merupakan zat yang mampu membuat seseorang bahagia, rileks, dapat menurunkan stres, dan mengandalikan mood.

2. Kandungan gula alami pada petai mampuĀ  menjadi sumber tenaga instan yang memiliki efek sangat besar.

3. Petai mengandung serat sangat tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

4. Petai juga mampu mengatasi asam lambung serta dapat mengurangi iritasi pada lambung dan juga dapat melapisi lambung.

5. Tahukah kamu bahwa memakan petai secara rutin dapat menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40 persen.

6. Petai juga bisa mencegah dan mengatasi kamu dari penyakit Premenstrual Syndrome (PMS).

7. Kandungan zat besi yang sangat tinggi pada petai mampu menstimulasi produksi sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia.

8. Petai juga mengandung zat antioksidan yang akan mencegah radikal bebas masuk ke tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

9. Yang terakhir adalah petai mengandung kadar kalium yang sangat tinggi yang akan membantu untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur detak jantung, dan membantu mengirimkan oksigen ke otak.

Nah, banyak sekali bukan manfaat petai yang tidak kamu ketahui. Memang makan petai bisa membuat kentut menjadi bau, urine menjadi bau dan napas pun menjadi bau yang tak sedap. Tapi jika sudah mengetahui manfaatnya, apakah kamu masih memperdulikan baunya itu? Sepertinya tidak !