Jangan Pernah Buang Air Rebusan Mie Instan, Ini Alasannya

air-rebusan-mie_20151211_180851

Situshiburan.com – Banyak sekali sumber yang mengatakan tentang bahayanya mengonsumsi mie instan. Apa lagi jika makan mie instan dengan tidak membuang air rebusannya. Padahal, tahukah kamu bahwa sebenarnya air rebusan mie instan itu tidak perlu dibuang.

Menurut Guru Besar Depertemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Hardinsyah, sebenarnya ada tiga mitos mie instan yang sangat dipercaya oleh banyak orang.

Diantaranya adalah seperti dilansir Tribunnews.com.

1. Mengganti air rebusan mi instan atau merebusnya dua kali

Menurut Hardinsyah, air rebusan mie tidak perlu dibuang, karna ia mengatakan jika beberapa mie instan di Indonesia ini menggunakan tepung terigu yang mengandung asam folat yang baik untuk tubuh. Nah, asam folat itu akan larut ke dalam air rebusan mie. Jika dibuang otomatis kita tidak akan mendapatkan kandungan asam folat tersebut.

2. Tubuh memerlukan waktu beberapa hari untuk mencerna mi instan

Menurut Hardinsyah, mie instan tidak selalu membutuhkan waktu berhari-hari untuk mencernanya. Jika tubuh dalam keadaan sehat dan berenergi setelah makan, itu berarti mie instan sudah diolah dengan baik oleh tubuh. Namun, jika setelah makan terasa lemas atau tidak enak badan, itu berarti mie tidak bisa dicerna dengan baik, sehingga membutuhkan waktu lama untuk mencernanya..

3. Makan nasi dengan mi instan. Baik atau tidak?

Semua sudah tahu bahwa makan nasi pakai mie instan itu tidak baik untuk kesehatan. Ini karena nasi dan mie sama-sama tinggi karbohidrat, sehingga jika mengonsumsinya secara bersamaan bisa mengakibatkan tubuh kelebihan karbohidrat. Jadi sebaiknya mengonsumsi mie dengan sayur atau makanan lainya saja.

Nah, jadi air rebusan mie itu tidak perlu dibuang bukan.