Ini Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kamu Jika Suka Membaca Sambil Tiduran

main-hp-sambil-tiduran_20151108_212539

Situshiburan.com – Mata merupakan salah satu alat indera yang penting untuk semua orang. Dengan mata kita bisa melihat segala sesuatu yang ada di depan mata.

Namun, sayangnya ada banyak masalah mata yang bisa merusak penglihatan kamu. Seperti katarak, galukoma, mata kering dan kebutaan.

Masalah mata tersebut biasanya akan dialami seseorang saat usia sudah mulai menua. Kamu akan merasakannya saat usia kamu sudah menginjak 40 tahun ke atas.

Tapi, tahukah kamu sebenarnya masalah mata yang dialami di usia tua disebabkan karena kebiasaan buruk di usia muda. Beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa merusak mata kamu secara perlahan.

Nah, berikut ini ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak mata. Mau tau apa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Tribunnews.com.

1. Membaca sambil tiduran

Membaca sambil tiduran bisa membuat mata kamu menjadi rusak. Ini karena saat tiduran jarak bacaan ke mata sulit untuk diatur sehingag mata menjadi lelah dan pegal. Jika kamu lakukan kebiasaan ini terlalu sering, maka bisa berujung kerusakan mata.

2. Membaca dalam kondisi penerangan minim

Membaca dalam kondisi penerangan minim atau pun peneranga yang sangat terang sangat tidak baik untuk kesehatan mata. Ini dapat memaksa kemampuan lensa mata untuk menebal dan menipis sehingga membuat mata cepat lelah. Ini bisa berujung pada kerusakan mata.

3. Perawatan lensa kontak yang kurang bersih

Kebanyakan orang akan lebih suka menggunakan lensa kontak dibandingkan kaca mata. Tapi, tidak semua orang bisa merawat lensa kontak mereka dengan baik dan benar. Jika dilakukan terus menerus, maka bisa menyebabkan iritasi pada mata.

4. Mengucek mata

Mengucek mata seringkali dilakukan banyak orang saat mata terasa gatal. Padahal kebiasaan buruk ini bisa merusak lapisan kornea dan menyebabkan peredaran pembuluh darah di mata terganggu.

5. Melihat layar komputer terlalu lama

Tahukah kamu bahwa radiaso yang dipancarkan layar komputer sangat berbahaya untuk kesehatan mata. Jika terlalu lama menatap layar komputer bisa membuat mata kelelahan dan menyebabkan penyakit mata. Selain itu, terlalu lama menatap layar komputer bisa mengurangi frekuensi berkedip mata yang bisa membuat mata menjadi kering.

6. Merokok

Merokok bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu,mata pun juga bisa rusak jika kamu memiliki kebiasaan merokok. Resiko katarak dan juga penyakit retina bisa menderita pada pencandu perokok.

Nah, itulah dia kebiasaan buruk yang bisa merusak mata.