Ngeri, ini Bahaya Berhutang Yang Mungkin Gak Pernah Kamu Ketahui

576

Situshiburan.com  – Siapa yang suka berhutang ?? Hampir semua orang didunia ini pastilah memiliki hutang. Baik hutang pada orang lain, hutang pada rentinir ataupun hutang pada Bank.

Jika kamu salah satu orang yang memiliki hutang, sebaiknya segeralah untuk melunasinya. Ini karena berhutang adalah hal yang sangat berbahaya untuk kita. Apa lagi jika kamu berniat untuk tidak membayarnya.

Lalu apakah bahayanya ?

Seperti dilansir 9trendingnews.blogspot.com, orang yang berhutang lalu berniat tidak ingin melunasinya akan dianggap sebagai pencuri kelak di hadapan Allah SWT.

Dari Shuhaib Al Khoir, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَيُّمَا رَجُلٍ يَدَيَّنُ دَيْنًا وَهُوَ مُجْمِعٌ أَنْ لاَ يُوَفِّيَهُ إِيَّاهُ لَقِىَ اللَّهَ سَارِقًا
“Siapa saja yang berhutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah no. 2410. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).
Al-Munawi mengatakan, “Orang seperti ini akan dikumpulkan bersama golongan pencuri dan akan diberi balasan sebagaimana mereka.” (Faidul Qodir, 3/181)
Jadi, sebaiknya janganlah kamu berhutang jika kamu benar-benar tidak membutuhkan uang. Jika pun kamu berhutang segeralah melunasinya saat ada rezeki dan jangan sekali-sekali untuk menunda-nunda hutang tersebut.