Selain Menambah Pahala Ternyata Puasa Senin-Kamis Memiliki Manfaat Luar Biasa

index

Situshiburan.com – Puasa Senin-Kamis adalah suatu ibadah sunnah yang nilai pahalanya sangat besar jika dilaksanakan. Puasa Senin-Kamis seperti yang dilakukan Rasulullah pada zamannya, memiliki keutamaan yang begitu dahsyat yang tak hanya menambah pahal tetapi juga memberikan manfaat untuk kesehatan dan kehidupan seseorang didunia.

Kita ketahui bahwa hari Senin dan Kamis memiliki keutamaan sendiri yaitu sabda Rasulullah yang mengatakan jika hari Senin dan Kamis adalah hari dimana semua amal dibentangkan. Sungguhlah baik jika pada saat malaikat melaporkan amalan kita itu ketika kita tengah berpuasa. Selain itu hari Senin dan Kamis merupakan hari Rasulullah dilahirkan menjadi rasul dan mendapatkan wahyu.

Sedangkan untuk berpuasa dihari Senin dan Kamis juga memiliki keutamaan tertentu yaitu karena puasa Senin-Kamis bisa melatih kita untuk menghindarkan diri dari perbuatan dosa. Seperti melatih kesabaran dua kali dalam seminggu.

”Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara”.{HR.Ahmad dan Baihaqi}.

Lalu, keutamaan selanjutnya puasa Senin-Kamis bisa meningkatkan amalan kita. Puasa Senin-Kamis bisa melatih kesabaran dan juga bisa melembutkan hati. Ini karena dengan puasa, kita cenderung lebih berempati dengan orang-orang yang lebih tidak beruntung dibanding kita.

Puasa Senin-Kamis juga bisa menjadikan kamu lebih dekat dengan Allah dan juga lebih bertakwa.

Selain kita mendapatkan keuntungan emosional, puasa Senin-Kamis juga bisa memberikan keuntungan pada kesehatan tubuh. Puasa Senin-Kamis adalah cara ampuh untuk membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Karena kalori yang berlebihan didalam tubuh bisa menimbulkan penyakit.

Namun, kamu juga perlu ingat jika segala sesuatu itu tergantung dari niatnya. Jika niat kamu berpuasa Senin-Kamis hanya untuk mendapatkan kesehatan tubuh atau untuk mendapatkan tubuh yang langsing, maka itulah yang akan kamu dapatkan.

Tapi, jika kamu berniat untuk mendekatkan diri kepada Allah dan berniat untuk menambah ibadah, maka semua manfaat akan kamu dapat, seperti kesehatan tubuh, pahala dan juga hikmah dari puasa tersebut.