5 Hal yang Sebaiknya Gak Usah Kamu Lakukan Setelah Makan, Berbahaya

Jangan dilakukan setelah makan

Inafeed – Makan merupakan kegiatan yang harus dilakukan setiap hari agar seseorang mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas setiap hari.

Tapi terkadang ada beberapa kebiasaan makan yang sering dilakukan banyak orang setelah makan sehingga membuat aktivitas makan menjadi hal yang buruk untuk kesehatan.

Untuk itu kamu perlu tahu bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan setelah makan.

Mau tau apa saja ? Yuk, langsung aja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir 8kabar.blogspot.com.

1. Tidur

Tidur adalah kebaisaan yang seringkali dilakukan oleh banyak orang setelah makan. Ini karena setelah makan biasanya rasa kantuk akan begitu terasa sehingga seseorang sampai tak mampu untuk menahannya.

Tapi kamu perlu tahu bahwa tidur setelah makan bisa memperlambat pencernaan kamu sehingga menyebabkan kembung, dan tidak nyaman ketika bangun.

2. Makan buah

Banyak orang mencuci mulut setelah makan dengan mengonsumsi buah-buahan. Mereka percaya jika makan buah bisa menambah kesehatan mereka. Padahal sebenarnya makan buah setelah makan tanpa adanya jeda bisa membahayakan kesehatan kamu.

Ini karena buah adalah salah satu makanan yang mudah dicerna dan jika kamu makan buah tanpa ada jeda malah akan menyebabkan gas. Sebaiknya kamu memakan buah satu jam sebelum makan, itu lebih baik untuk kesehatan.

3. Minum teh

Minum teh adalah kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang. Kebiasaan ini merupakan salah satu kebiasaan yang buruk karena asam dari teh bisa mengeraskan protein dalam makanan yang membuat protein tersebut sulit untuk dicerna .

4. Mandi

Mandi biasanya juga dilakukan setelah sarapan pagi. Padahal mandi setelah makan bisa merusak sistem pencernaan kamu. Ini karena ketika mandi suhu badan akan meningkat sehingga sebagian besar darah ditarik ke permukaan kulit. Hal ini bisa berdampak pada sistem pencernaan dan juga bisa merusak kandungan dalam makanan kamu.

5. Merokok

Merokok paling sering dilakukan banyak orang setelah makan. Katanya kalau tidak merokok setelah makan rasanya ada yang kurang atau kurang afdol. Tapi kamu harus tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan tubuh apa lagi jika dilakukan setelah makan.

Untuk itu, ada baiknya jika kamu duduk tegak setelah makan hingga satu jam lamanya. Setelah itu kamu bisa melanjutkan aktivitas kamu.