Ini Bahayanya Jika Orang Tua Sering Membentak Anak, Baca dan Sebarkan!

198342-0_663_382

Situshiburan.com – Banyak anak di zaman sekarang yang tumbuh sebagai anak yang tidak memiliki sopan santun kepada orangtua. Bahkan ada beberapa anak yang berani membentak orangtuanya sendiri bahkan mengatakan kata-kata yang kasar.

Sebenarnya ini semua adalah salah orangtuanya. Para orangtua yang mendidik anak dengan tidak benar lah yang membuat anak menjadi tumbuh dengan pribadi yang buruk.

Salah satu cara mendidik anak yang salah adalah dengan membentak. Membentak anak sangat tidak baik untuk pertumbuhan psikologis anak. Perhatian dan kasih sayang yang dibutuhkan anak bukan bentakan.

Seperti dilansir Tribunnews.com, orangtua harus tahu nih bahwa ada dampak negatif yang akan didapat anak jika orangtua mendidik dengan cara yang tidak benar.

1. Dampak Anak Sering Dibentak

Orangtua harus tahu bahwa dampak anak sering dibentak adalah dapat menimbulkan trauma psikis dan bahkan sampai mengalami stres. Tak hanya itu, bentakan juga dapat berpengaruh pada lemahnya daya tahan tubuh dan kondisi psikologis anak.

Anak yang sering dibentak akan merasa harga diri mereka kurang. Anak merasa dirinya jelek sehingga mereka tidak memiliki kepercayaan diri untuk bergaul dilingkungan mereka. Orangtua juga akan mengajarkan anak jika akan menyelesaikan masalah hanya bisa dilakukan dengan bentakan dan emosi.

Lalu bagaimana caranya mendidik anak dengan baik dan benar ?

Menurut Konsultan psikologi, Dra. Nani Kartikaningsih, mendidik anak sebaiknya dengan cara memberi perhatian dan aturan yang jelas. Tidak lupa libatkan anak dalam pembuatan aturan tersebut. Aturan yang sudah dibuat haruslah disepakiti dengan bersama, agar anak tidak mengadu pada salah satu orangtua ketika melanggar peraturan tersebut.

Selain itu orangtua juga harus bisa mengembangkan kemampuan berpikir secara positif sebab hal itu dapat membantu pola pikir anak dalam mengatasi masalah di lingkungannya.

Nah, itulah dia dampak jika anak dibentak oleh orangtua.

iklan