5 Bahaya Jika Kamu Suka Menahan Kentut

kentut

Situshiburan.com – Jika banyak orang menganggap kentut itu adalah salah satu hal yang paling bisa bikin malu karena suara dan baunya yang busuk . Apalagi jika kentut itu keluar saat kita berada di tengah – tengah rapat, pastinya ini menjadi salah satu hal yang menjengkelkan dan membuat kamu lebih tidak percaya diri. Namun jangan salah , ketika orang tidak bisa kentut malah akan membuat suatu masalah besar dalam kesehatannya. Itulah kenapa jika kamu merasa ingin kentut sebaiknya keluarkan saja, sebab bila ditahan akan menimbulkan bahaya yang fatal bagi kesehatan tubuh kamu.

Seperti yang kita ketahui jika kentut ini merupakan gas beracun. Jadi, jika kamu ingin kentut namun di tahan lagi . Itu sama saja kamu menahan gas beracun itu untuk dibuang sehingga menyebar lagi di dalam tubuh yang menjadi rasa tidak nyaman di sekitar perut.

Nah, buat kamu yang masih ingin tahu apa saja bahaya jika kamu suka menahan kentut. Seperti yang dilansir dari Klikseru.com, inilah dia 5 bahaya jika kamu suka menahan kentut.

1. Kentut tersusun dari akumulasi gas hidrogen sulfida

Salah satu bahaya jika kamu menahan kentut yakni bisa menyebabkan mempengaruhi bau. Hal ini disebabkan kentut tersusun dari akumulasi gas hidrogen sulfie  yang bisa memengaruhi bau yang makin menusuk. Dalam kondisi seperti ini biasanya kamu akan mengalami cepirit tinja bersamaan dengan bau kentut.

2. Kembung, begah, dan pusing

Menahan kentut juga bisa menyebabkan kamu mengalami rasa kembung , begah dan pusing. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan akan tertekan yang menimbulkan sensasi begah dan kembung.

3. Infeksi diverticulosis

Menahan kentut juga bisa mengakibatkan infeksi diverticulasi akibat adanya kantung-kantung pada dinding usus yang bisa menyebabkan tersebarnya bakteri akibat menahan kentut.

4. Risiko keracunan gas

Kentut terbentuk dari sejumlah gas beracun sehingga perlu dikeluarkan dari tubuh. Namun bila kamu menahan kentut maka akan membuat gas terserap kembali pada tubuh yang bisa membuat kamu keracunan.

5. Penyakit wasir bisa kambuh dari kebiasaan menahan kentut

Menahan kentut juga bisa menyebabkan penyakit wasir kambuh karena menyebabkan otot di dubur menegang dan memicu pelebaran pembuluh darah penyebab wasir.

Nah, itulah dia kelima bahaya jika kamu menahan kentut. Untuk itu, jika kamu merasa ingin kentut sebaiknya izin kekamar kecil untuk membuang gas beracun tersebut.