Bantu Sebarkan, Ini Alasan Kenapa Rasul Memilih Hari Senin dan Kamis Untuk Puasa

713

Situshiburan.com – Kita semua tahu puasa sunnah terdapat pada hari Senin dan Kamis. Setiap hari Senin dan Kamis Rasulullah selalu mengisi harinya dengan berpuasa sunnah.

Namun, apakah kamu tahu kenapa Rasul memilih hari Senin dan Kamis untuk berpuasa ? Hari Senin, memang diketahui sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Lalu bagaimana dengan hari Kamis ?

Pasti kamu bertanya-tanya akan hal itu. Tapi kali ini pertanyaan kamu akan segera dapat dijawab lewat hadits Rasulullah berikut ini.

Seperti dikutip dari 9trendingnews, kutipan hadist oleh Syekh Abu Zakariya Al-Anshori berikut ini dalam karyanya Fathul Wahhab setidaknya membantu menjawab,

وقال تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم رواهما الترمذي وغيره
Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” HR Turmudzi dan selainnya.
Namun, tidak diketahui kapan waktu amal kita itu diperlihatkan dihadapan Allah. Tapi kamu perlu tahu bahwa amal perbuatan seseorang diperlihatkan di hadapan Allah SWT pada hari Senin dan hari Kamis. Di hadapan para nabi, ayah, dan ibu yang bersangkutan sendiri, amal diperlihatkan pada hari Jum’at. Sementara di hadapan Rasulullah, amal seseorang diperlihatkan setiap hari.
Untuk itu marilah kita selalu berbuat kebaikan setiap hari, karena setiap hari apa yang kita lakukan akan diketahui oleh Rasulullah SAW.
iklan