Jangan Pernah Menganggap Remeh Hutang Walaupun Sedikit, Ini Dia Bahayanya. Bantu Sebarkan

neraka_20150918_162704-300x168

Situshiburan.com – Siapa yang suka berhutang ? Jika kamu memiliki hutang atau suka berhutang, sebaiknya usahakan untuk tidak melakukan hal itu lagi, karena hutang memiliki bahaya yang amat besar jika kamu tidak membayarnya. Bahkan sudah dijelaskan jika orang yang mati dengan meninggalkan hutang, maka hutangnya akan dibawa hingga ke akhirat dan dibayar dengan kebaikan di akhirat kelak.

Roh orang yang meninggalkan hutang akan terkatung-katung hingga kiamat datang. Diriwayatkan daripada Abu Hurairah bahawa Rasulullah bersabda, “Sesiapa yang mengambil harta orang lain (berhutang) dan berniat akan membayarnya, maka Allah akan menunaikan niatnya itu. Tetapi sesiapa mengambilnya dengan niat akan membinasakannya (dengan tidak membayar), maka Allah akan membinasakannya.” (Hadis riwayat al-Bukhari)

Seperti dilansir ukhtiindonesia.com, Rasulullah SAW, tidak mau menyolati  orang yang tak membayar hutang. Namun, jika ia masih meninggalkan harta, Rasulullah akan menyolatinya. Jika orang itu miliki hutang, dan ada orang yang mau menanggung hutang si mayit, maka Rasulullah masih mau menyolatinya.

Orang yang suka menunda hutang sudah termasuk melakukan kezaliman, apa lagi jika sampai tidak mau membayarnya.

Jika seseorang mati meninggalkan hutang, maka amal kebaikannya akan terpotong untuk membayar hutangnya di akhirat. Namun, orang yang berhutang dan berniat untuk tidak membayarnya, maka dihadapan Allah kelak, ia akan dipandang sebagai pencuri.

Untuk itu, jika kamu berhutang, maka berniatlah untuk melunasinya, karena Allah akan membantu untuk melunasinya. Tapi, jika kamu berhutang dan berniat untuk tidak membayarnya, maka Allah akan membinasakannya.

 

iklan