Lihat 7 Nasehat Istimewa Ini Sebelum Kamu Memutuskan Untuk Menikah agar Tidak Menyesal Kemudian

kheda-goilabiyeva-tersedu-sedu_20151022_084109

Situshiburan.com – Menikah merupakan suatu ibadah yang seharusnya dilakukan oleh semua umat muslim didunia. Setiap pasangan yang sudah saling mencintai biasanya pasti akan memutuskan untuk hidup bersama dengan menikah.

Tapi, kamu perlu tahu ada beberapa hal yang harus kamu ingat sebelum kamu memutuskan untuk menikah agar tidak menyesal setelah menikah.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa diberi Allah seorang istri yang sholihah, sesungguhnya telah ditolong separoh agamanya. Dan hendaklah bertaqwa kepada Allah separoh lainnya.” (HR. Baihaqi).

Nah, untuk itu kamu perlu simak nih 7 nasehat istimewa sebelum kamu memutuskan untuk menikah. Seperti dilansir Tribunnews.com, inilah dia ulasannya.

1. Pernikahan tidak ‘selalu’ menjadi solusi masalah bagi setiap jomblo

Kenapa demikian ? Ini karena pernikahan bisa menjadi pintu masuk masalah yang lebih besar lagi jika tidak dijalani dengan serius dan benar.

Pernikahan bisa menjadi bumerang atau malah membuat seseorang semakin merasa sengsara jika pernikahan tersebut tidak benar-benar dipersiapkan. Kamu harus tahu tidak semua orang bisa langsung aman dalam pernikahannya. Ada banyak tantangan dan juga godaan dalam rumah tangga yang mungkin tak bisa kamu hadapi.

2. Antara “kesiapan dan kemapanan diri” menuju pernikahan.

Menikah itu perlu persiapan dan juga memapanan diri. Tapi kamu harus bisa membedakan  antara kesiapan dengan kemapanan diri.

Kesiapan itu bisa berupa sudah memiliki penghasilan lebih untuk dirinya sendiri, dan sudah cukup untuk menanggung kehidupan seorang wanita.  Kalau kemapanan diri kalau seorang pria sudah berani untuk menikah, ia sudah memiliki keberanian untuk menikah dan sudah memiliki penghasilan yang lebih.

3. Pasrah dan lapang dada menerima aturan-Nya

Pasrah dan selalu lapang dada menerima aturan yang sudah ditetapkan oleh Allah swt untuk kita semua. Untuk itu kamu hanya perlu memantapkan hati untuk menerima perjodohan sesuai yang disyariatkan sejak ta’aruf hingga berjabat tangan dengan penghulu.

4. Bekal ilmu yang seringkali terlalaikan

Bekal ilmu seringkali terlalaikan saat setelah menikah. Ada banyak hal yang membuat seseorang lalu melalaikan ilmu yang sudah ia pegang kokoh sebelumnya. Itulah sebabnya kenapa ada rumah tangga yang tak harmonis dan kondisinya semakin kritis.

5. Nikah itu bukan semata resepsi dan legalisasi, tetapi tahapan penting membangun peradaban dan mencetak generasi

Kamu harus tahu bahwa nikah itu bukan hanya sekedar resepsi dan sah saja. Nikah bertujuan untuk membangun keluarga baru yang beradab dan juga keturunan yang rabbani.

Kamu harus paham itu, jika tidak pernikahan kamu tidak akan bisa menjadi seindah yang kamu inginkan sebelumnya.

6. Dua arah komunikasi

Masing-masing pasangan harus bisa saling menjaga dua arah komunikasi yang berbeda. Cari terus kiat dan trik komunikasi yang baik antara suami dan istri yang diajarkan oleh Rasulullah. Dan berusahalah untuk melakukannya dan lebih tingkatkan kualitas ibadah.

7. Pernikahan itu menyatukan dua keluarga dan membangun satu keluarga baru

Pernikahan itu akan menghubungkan dua keluara dan akan membangun satu keluarga baru. Setiap pasangan menikah pastinya kelak ia akan sibuk mengurus rumah tangga mereka sehingga mereka jarang menghubungi keluarga besar mereka. Tapi meskipun begitu seorang suami tidak boleh menghalangi istrinya untuk datang  berkumpul bersama keluarga besarnya.

Itulah dia ke tujuh nasehat istimewa sebelum kamu memutuskan untuk menikah.

iklan