Ini Dia 10 Bahaya Jika Kamu Berlebihan Memakan Makanan Halal

ilustrasi-makan-berlebihan_20151129_090440

Situshiburan.com – Mungkin kamu hanya tahu bahwa memakan makanan haram itu dapat membahayakan kamu. Tapi, apakah kamu tahu bahwa sebenarnya memakan makanan halal juga ada bahayanya loh.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang halal secara berlebihan, maka kamu akan mendapatkan ke sepuluh bahaya ini. Mau tau apa saja ? Mari kita simak yang berikut ini, seperti dilansir Tribunnews.com.

1. Kebanyakan makan yang halal menyebabkan hati menjadi keras (membatu) dan memadamkan cahaya

Kebanyakan makan  makanan yang halal bisa membuat hati menjadi keras membatu. Tak hanya itu, kebanyakan makan makanan yang halal juga bisa memadamkan cahaya.

Nabi SAW bersabda: “Janganlah anda mematikan hati dengan banyak makan dan minum. Karena hati bisa mati sebagaimana tanaman, apabila terlalu banyak air.”

2. Kebanyakan makan akan menimbulkan fitnah terhadap anggota tubuh dan akan menyeret pada perbuatan yang tidak bermoral, bertindak melebihi kepatutan dan melakukan pengerusakan

Kebanyakan makan bisa membuat anggota tubuh kamu melakukan perbuatan yang tidak baik, seperti kaki yang ingin selalu berjalan menuju perkara yang tidak ada gunanya. Telinga yang selalu ingin mendengar hal-hal yang tidak baik.

3. Kebanyakan makan berakibat pemahamannya sangat minim, begitu pula dengan ilmu yang didapatkan

Perut yang kenyang akan membuat seseorang merasa malas dan kecerdasan sedikit demi sedikit menghilang. Untuk itu, jika kamu ingin suatu hajat terkabulkan, maka jangan lah dahulu makan sebelum tercapai hajat tersebut. Karena kenyang bisa merubah pikiran seseorang.

4. Kebanyakan makan dapat mengakibatkan minimnya ibadah

Kebanyakan makan akan membuat kenyang dan kenyang bisa membuat seseorang malas bergerak, merasa ngantuk dan juga merasa lesu. Sehingga setelah makan kamu pun langsung tertidur dan lupa akan melaksanakan ibadahn sholat lima waktu.

Diceritakan dari Nabi Yahya bin Zakaria as, bahwa iblis pernah menampakkan dirinya dengan membawa jerat-jerat tali. Nabi Yahya bertanya: “Hai iblis, apa itu?” Iblis menjawab: “Ini adalah jerat syahwat yang aku pergunakan untuk menjerat anak cucu Adam.” Nabi Yahya bertanya lagi: “Apakah akan anda kenakan jerat itu pada diriku juga?” Iblis menjawab: “Tidak, tetapi anda pernah makan kenyang pada suatu malam, sehingga membuat badan anda merasa berat, lalu meninggalkan salat.” Nabi Yahya berkata: “Kalau begitu, aku tidak akan makan sampai kenyang lagi selama hidupku.” Iblis berkata: “Aku menyesal telah membuka rahasiaku ini. Setelah ini, aku tidak membocorkan lagi rahasiaku ini, kepada siapa pun.”

5. Kebanyakan makan dapat menghilangkan manisnya beribadah

Perut  yang kenyang dapat membuat seseorang melakukan ibadah tidak dengan khusu’, sehingga ibadah yang dilakukannya tidak akan terasa manis, yang ada hanya biasa saja.

6. Kebanyakan makan dikhawatirkan akan menjerumuskan kita ke dalam perkara haram atau syubhat

Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya :“Sesungguhnya barang yang halal itu tidaklah mendatangkan sesuatu kepada anda melainkan sebagai kekuatan, sedangkan barang yang haram itu hanyalah akan mendatangkan anda pada tindakan serampangan.”

7. Kebanyakan makan membuat kesibukan hati dan badan

Tahukah kamu bahwa kebanyakan makan akan membuat kamu menyibukan hati dan badan seperti membuatnya, menyajikannya memakannya dan menghabiskannya, lalu menyelamatkan diri kamu dari pengaruh makanan tersebut. Kamu akan sibuk dengan hal itu sehingga kamu melupakan Allah.

8. Kebanyakan makan dapat mengakibatkan timbulnya berbagai persoalan di akherat dan kerasnya sakratul maut

Kebanyakan makan bisa membuat kamu akan merasakan sakitnya sakratul maut. Kenapa ? Karena dalam hadist sudah dikatakan bahwa barang siapa yang suka bersenang-senanng dengan kelezatan duniawi, maka ia akan mendapatkan kekerasan dalam sakaratul maut.

9. Kebanyakan makan mengakibatkan berkurangnya pahala di akherat

Allah SWT berfirman: “ … (kepada mereka dikatakan): Kamu telah menghabiskan rezekimu yang baik dalam kehidupan duniamu (saja) dan kamu telah bersenang-senang dengannya; maka pada hari ini kamu dibalasi dengan azab yang menghinakan karena kamu telah menyombongkan diri di muka bumi tanpa hak, dan karena kamu telah fasik.” (QS Al-Ahqaf 20).

Kebanyakan makan bisa mengurangi pahala di akhirat sehingga yang ada hanya tersisa siksaan pedih yang tiada bandingnya.

10. Kebanyakan makan menyebabkan tertahan dan bertambah beratnya hisab

Kebanyakan makan bisa membuat seseorang mengabaikan tata krama dalam mengonsumsi makanan. Hal ini bisa menambah berat hisab atau pun menahannya. Sebab, harta yang halal bakal dihisab, yang haram membawa siksa, sementara perhiasannya pasti akan musnah.

Itulah dia ke sepuluh bahaya makan makanan yang halal secara berlebihan.