Ini 6 Janji Allah Ke Kamu Jika Suka Sedekah

3

Situshiburan.com – Sedekah merupakan suatu ibadah yang jika dikerjakan maka seseorang akan mendapatkan pahala yang begitu besar. Namun, meskipun begitu masih banyak orang yang enggan bersedekah. Jika pun ada mereka tidak bersedekah dengan ikhlas melainkan mengharapkan balasan dari sedekah yang ia berikan tersebut.

Sedekah memang amalam yang sangat dianjurkan dalam islam. Bahkan Allah sendiri telah berjanji akan memberikan banyak kebahagian kepada orang yang suka bersedekah.Janji Allah itu pasti dan bukanlah hal yang main-main.

Lalu, apa sajakah janji Allah kepada orang-orang yang suka bersedekah ? Mari kita simak bersama ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Kumpulanmisteri.com.

1. Sedekah dapat Menghapus Dosa

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” [HR. Tirmidzi]

Memang benar sedekah bisa menghapus dosa, tapi janji Allah hanya berlaku pada orang-orang yang mau bertaubat atas dosa yang dilakukannya lalu ia bersedekah. Jika orang yang bersedekah hanya bertujuan agar dosa-dosanya bisa impas, maka ia tidak akan mendapatkan apa pun kecuali kerugian.

2. Mendapatkan Naungan di Hari Akhir

Allah juga telah berjanji akan memberikan naungan di hari akhir kepada manusia yang suka bersedekah dengan ikhlas.

Seperti sabda Rasulullah, yang artinya: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” [HR. Bukhari]

3. Allah Melipatgandakan Pahala Orang yang Bersedekah

Allah telah berjanji kepada umat-Nya jika Allah akan melipatgandakan pahala orang yang rajin bersedekah. Janji Allah ini sesuai dengan firman-Nya yang berarti:

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” [QS. Al-Hadid ayat 18]

4. Terdapat Pintu Surga yang Hanya dapat Dimasuki Orang yang Bersedekah

Ada pintu surga yang hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang suka bersedekah dengan ikhlas. Ini adalah salah satu janji Allah yang sudah pasti akan terjadi.

Seperti sabda Rasulullah yang artinya: “Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan” Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” [HR. Bukhari dan Muslim]

5. Dapat Membebaskannya dari Siksa Kubur

Janji Allah selanjutnya kepada orang-orang yang gemar bersedekah adalah dengan membebaskannya dari siksa kubur. Seperti air yang memadamkan api, maka bersedekah akan memadamkan dosa-dosa yang bisa membawa ke api neraka.

6. Menjauhkan Diri dari Api Neraka

Yang terakhir adalah janji Allah yang akan menjauhkan orang-orang yang senang bersedekah dari api neraka. Meskipun sedekah yang diberikan itu dalam ukuran yang sedikit, Allah akan tetap menjauhkan diri mereka dari api neraka.

Itulah dia ke enam janji Allah kepada orang-orang yang senang bersedekah.

 

iklan