Wafat Itu Ada Dua Jenis Salah Satunya Terjadi Ketika Kamu Tidur

tidur-mimpi_20150908_195751

Situshiburan.com – Tahukah kamu ke mana ruh manusia ketika sedang tidur ? Ada yang mengatakan jika ruh manusia saat tidur akan berjalan-jalan entah ke mana. Tapi itu hanya kepercayaan sebagian orang saja yang belum diketahui kebenarannya.

Tapi, sebelum kamu memikirkan ke mana ruh manusia saat tidur, Allah terlebih dahulu sudah menjelaskan kepada umat-Nya mengenai hal tersebut.

Allah menjelaskan jika ketika tidur Allah akan memegang jiwa manusia, dan akan ia tahan serta lepaskan pada waktu yang sudah ditentukan.

Seperti firman Allah dalam surat Az-Zumar ayat 42 Allah berfirman :

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir.”

Lalu Allah juga telah menjelaskan kembali dari ayat lain, yaitu surah Al-An’am ayat 60-61 disebutkan:

“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur (mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan. Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya.”

Dari surat Al-An’am Allah menyebutkan jika wafat manusia itu ada dua, yaitu yang pertama adalah wafat sementara yaitu ketika manusia sedang tidur. Lalu yang kedua adalah wafat selamanya yaitu ketika manusia mengalami kematian.

Itulah sebabnya Rasulullah menyarankan kita orang muslim untuk senantiasa berdoa dan bersuci atau berwudhu sebelum tidur untuk menjaga diri agar terhindar dari penyakit dan juga gangguan setan yang senantiasa menggoda manusia, bahkan saat manusia sedang tertidur. [Tribunnews.com]