Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Menghafalkan Al-Quran

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Menghafal Al-Qur’an

Situshiburan.com – Al-Quran merupakan kitab suci umat islam yang menjadi petunjuk kehidupan didunia dan diakhirat. Segala sesuatunya sudah dijelaskan didalam Al-Quran sehingga umat muslim haruslah bisa memahami isi Al-Quran.

Selain memahami, ada banyak juga orang yang menghafalkan Al-Quran dengan tujuan untuk mendapatkan pahala. Tapi, tahukah kamu ada keutamaan lain yang akan kamu dapatkan jika kamu menghafal Al-Quran selain mendapatkan pahala.

Kira-kira apa ya keutamaannya ?

Berikut ini ada tujuh keutamaan sekaligus menjadi alasan kenapa kamu harus menghafalkan Al-Quran. Seperti dilansir Kumpulanmisteri.com, ini dia ulasannya.

1. Al-Qur’an mengandung seluruh urusan dunia maupun akhirat
Isi Al-Quran mengandung  seluruh urusan dunia maupun akhirat. Berbagai macam ilmu seperti kedokteran, geografis, saintis, ada didalam Al-Quran. Seluruh aturan yang boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan oleh manusia ada di dalam Al-Quran. Sehingga jika kamu menghafalkannya kamu akan tahu seperti apa kamu harus bersikap, berbuat, berkata, dan sebagainya.
2. Menghafal Al-Qur’an berarti mengumpulkan pahala
Kamu pasti sudah tahu bukan dengan membaca Al-Quran kita akan mendapatkan banyak pahala. Bahkan dikatakan setiap huruf dalam Al-Quran Allah akan berikan sepuluh pahala kebaikan untuk siapa saja yang membacanya. Apa lagi jika kamu sampai menghafalnya, sama saja kita mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.
3. Di akhir zaman, Al-Qur’an akan menjadi pelindung kita
Saat kiamat datang, maka tak ada orang yang bisa menolong kita dari api neraka selain amal kebaikan yang kita kumpulkan selama hidup didunia. Dan Al-Quran akan menjadi penolong untuk kita di akhirat kelak.
4. Menghafal Al-Qur’an berarti menggunakan waktu dengan bermanfaat
Menghafal Al-Quran sama saja kamu telah menggunakan waktu kamu dengan sebaik-baik mungkin. Kamu tidak akan sempat untuk memikirkan nasib, galau atau pun berbuat kejahatan.
5. Al-Qur’an merupakan kalamulloh
Al-Quran merupakan kalamulloh, yang jika kita menghafalnya berarti kita telah melakukan pekerjaan yang sangat besar. Sebab, saat isi Al-Quran sudah bisa kamu hafal, maka kamu harus senantiasa menjaga kesuciannya didalam hati kita.
6. Ketika kita menghafal Al-Qur’an maka kita akan mengetahui metode apa yang cocok dengan kemampuannya
Menghafal Al-Quran akan membuat kita lebih bisa bersabar menghadapi orang lain. Menghafal Al-Quran juga dapat meningkatkan kebaikan diri kita dan membuat akhlak kita semakin baik sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan didalam Al-Quran.
7. Al-Qur’an dapat digunakan sebagai obat, baik medis atau psikis
Isi Al-Quran adalah ayat-ayat suci yang bisa menjadi obat segala macam penyakit baik medis ataupun psikis. Membaca ayat-ayatnya saja, sudah membuat hati kita menjadi tenang. Kamu tahu bukan hati yang tenang bisa menjadi penangkal segala macam penyakit dan bisa juga membantu menyembuhkan suatu penyakit.
Jadi, itulah dia keutamaan sekaligus menjadi alasan kenapa kamu harus menghafal Al-Quran. Untuk itu jangan pernah menunda-nunda untuk menghafal Al-Quran, seperti menunda dengan menunggu kamu jadi orang yang baik. Karena kelak Al-Quran lah yang akan mengubah akhlakmu yang tidak baik menjadi sangat baik.