Pernah Lihat Tonjolan Seperti ini ? Lihat Seperti Ini Informasi Medisnya, Kamu Wajib Tahu Nih

ganglion-cysts-atau-kista-kantong-sendi_20160120_160656

Situshiburan.com – Pernahkah kamu melihat tonjolan yang ada di pergelangan tangan ? Biasanya tonjolan itu berada di bagian atas, samping, atau bawah pergelangan tangan.  Bisa juga tonjolan itu tumbuh di ujung persendian jari-jari hingga di bagian bawah jari-jari.

Tahukah kamu apa tonjolan itu ? Tonjolan itu disebut dengan ganglion cysts atau kista kantong sendi. Ganglion bisa tumbuh lebih besar lagi jika pergelangan tangan terus menerus melakukan aktivitas. Namun, sebaliknya jika pergelangan tangan tidak melakukan aktivitas apa pun, maka tonjolan itu akan semakin mengecil.

Ganglion ini biasanya sering dialami oleh orang yang rentang usianya dari 15 hingga 40 tahun. Biasanya, ganglion akan menimbulkan gejala seperti:

1. Benjolan yang membesar di dekat pergelangan tangan atau sendi jari
2. Bulat, kenyal, dan halus
3. Berisi cairan
4. Ukuran tergantung pada tingkat aktivitas sendi, menjadi lebih besar ketika sering menggerakkan sendi yang terkena dan tumbuh lebih kecil ketika sendi banyak diistirahatkan

5. Biasanya tidak sakit, meskipun dalam beberapa kasus kista dapat menyebabkan tekanan pada saraf dekat sendi, yang dapat menyebabkan rasa sakit, kelemahan, atau mati rasa.

Sebenarnya, Ganglion ini dapat hilang dengan sendirinya sehingga tidak perlu diobati. Tapi dalam beberapa kasus kista ganglion ini sangat menggangu dan juga bisa menyakitkan sehingga membutuhkan pengobatan untuk menghilangkanya.

Untuk itu, ada 3 cara pengobatan yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan kista ganglion ini. Seperti dilansir Tribunnews.com, berikut ke tiga cara pengobatan tersebut.

1. Imobilisasi

Imobilisasi dapat dilakukan dengan cara memakai balutan atau pembebat pada pergelangan tangan agar  dapat mengurangi sekitar daerah yang terkena ganglion dan daerah yang terkena  bisa beristirahat total. Sehingga bisa membantu mengecilkan kista ganglion.

2. Aspirasi

Cara pengobatan aspirasi dilakukan dengan cara menguras cairan dari kista. Dokter akan menusuk kista dengan jarum dan mengambil cairan dari dalam kista dengan jarum suntik yang ditusukan.  Biasanya setelah melakukan aspirasi ini, kista bisa saja datang lagi. Tapi, aspirasi bisa diulang kembali jika kista kambuh.

3. Operasi

Operasi kecil akan dilakukan pada pasien yang merasa kista ganglion terasa menyakitkan dan menyulitkan sendi untuk bergerak. Selain itu, pengobatan lain juga tidak bisa bekerja. Jadi, dokter akan melakukan operasi kecil tanpa harus menginap.

Itu dia informasi  medis tentang tonjolan di pergelangan tangan kamu yang harus kamu ketahui.