Dengan Cara Seperti ini Hidung Kamu yang Tersumbat Akibat Flu Bisa Hilang Seketika

hidung-tersumbat-597x350

Situshiburan.com – Apa yang kamu rasakan saat hidung tersumbat karena pilek dan flu ? Pastinya sangat menggangu dan merisaukan bukan. Tapi, tahukah kamu apa sebenarnya yang terjadi saat kamu pilek dan flu sehingga hidung kamu jadi tersumbat dan sulit bernapas ?

Ternyata, hidung tersumbat dikarenakan lubang kecil yang menghubungkan sinus dengan hidung tersumbat oleh cairan sekresi dari sinus.

Jika cairan itu memenuhi ruangan sinus, maka dapat menyebabkan rasa penuh, tersumbat, nyeri kepala dan nyeri pada lokasi sinus. Keluhan itu sama seperti yang kamu rasakan saat sedang flu dan pilek.

Nah, ada cara untuk mengatasi hidung tersumbat saat flu. Caranya sangat mudah, dan cepat bereaksi sehingga dalam waktu singkat kamu sudah bisa merasakan hasilnya.

Mau tau seperti apa caranya ? Mari kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Tribunnews.com.

1. Pembersihan dengan Ibu Jari dan Lidah

Cara pertama kamu dapat membersihkan sinus dengan ibu jari dan lidah. Caranya denga menaruh jempol atau jari telunjuk diantara kedua alis. Lalu tekan dengan kuat sambil dorong lidah dengan kuat ke atas pada palatum (bagian keras rongga mulut, perbatasan dengan bagian lunak).  Pertahankan selama 20-30 detik.

Setengah menit barulah kamu bisa merasakan cairan dalam sinus mulai keluar sehingga hidung kamu tidak tersumbat lagi.

2. Irigasi Nasal dengan Neti Pot

Irigasi nasal dilakukan dengan cara mencuci hidung dengan menggunakan garam fisiologis (NaCl 0,9%). Caranya dengan memasukan neti pot ke dalam lubang hidung yang satu untuk mengeluarkan cairan dari lubang hidung lainnya.

3. Uap panas

Uap panas juga bisa membantu membersihkan sinus dari lendir. Caranya dengan memasukan air panas ke dalam mangkuk, lalu taruh mangkuk air panas itu ke depan wajah kamu dan diamkan beberapa menit. Kamu akan merasakan lendir mulai mengencer.

Nah, itulah dia cara mudah dan cepat untuk mengatasi hidung tersumbat.