Tadi Malam Kamu Kurang Tidur? Ini Beberapa Hal yang Wajib Kamu Lakukan

efek-kurang-tidur-pada-tubuh

Situshiburan.com – Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Namun sayangnya terkadang seseorang tidak memenuhi kebutuhannya itu hanya karena suatu pekerjaan penting atau tugas penting lainnya.

Sebagian orang memang rela melewatkan waktu tidur mereka demi menyelesaikan pekerjaan atau tugas penting. Kurang tidur 1- 2 hari tentunya bisa membuat segalanya menjadi kacau bukan.Waktu istirahat yang tidak terpenuhi akan membuat tubuh kamu menjadi lemas dan tak berdaya.

Tapi, jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya lakukan beberapa langkah berikut ini agar kamu tetap bisa menjalani hari tanpa membuat semua menjadi kacau.

Mau tau apa saja ? Berikut penjelasannya, seperti dilansir Tribunnews.com.

1. Hindari berkendara

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah hindari berkendara. Berkendara saat dalam kondisi kurang tidur akan sangat berbahaya untuk keselamatan kamu. Gunakana kendaraan umum untuk mengantar kamu ke mana pun kamu akan pergi.

2. Jalani rutinitas harian seperti biasa

Usahakah untuk menjalani rutinitas harian seperti biasa. Memang rasa ngantuk dan ingin tidur tetap ada, tapi cobalah untuk membuat tubuh kamu tetap terjaga dan harus makan tepat waktu serta mengonsumsi makanan yang bergizi.

Jangan sampai kamu melewatkan waktu makan siang hanya untuk tidur di waktu jam istirahat di kantor. Sebaiknya kamu tidur sebelum waktu makan siang, itu lebih baik dan lebih efektif.

3. Bersahabat dengan secangkir kopi di siang hari

Jika kamu membutuhkan tenga ekstra untuk menyelesaikan rutinitas kamu di hari ini, cobalah untuk mengonsumsi kopi pada waktu siang hari. Kafein akan membuat kamu lebih bersemangat lagi untuk menyelesaikan rutinitas kamu sebelum datangnya malam.

4. Coba teknik Nap-a-Latte

Kamu juga bisa gunakan teknik Nap-a-Latte saat kurang tidur. Caranya, dengan menyediakan 150 ml espresso dan tambahkan 2-3 kubus es untuk mendinginkannya. Lalu minum dengan cepat, barulah kamu tidur selama 25 menit. Kafein akan membuat kamu tetap terjaga selama 4 jam ke depannya.Usahakan mencoba teknik ini sebelum pukul 2 siang.

5. Tidur singkat

Tidur singkat perlu dilakukan untuk mengurangi rasa kantuk di siang hari. Caranya dengan tidur sekitar pukul 10 pagi selama 15 sampai 20 menit. Jangan lama-lama, kelamaan tidur malah akan membuat kamu semakin lemah.

6. Hindari pembicaraan serius atau penuh emosi

Saat mendapati tubuh kurang tidur, cobalah untuk berbicara tidak terlalu serius dan tegang atau bahkan penuh emosi. Cobalah untuk membawa suasana lebih mengasyikan dengan penuh tawa. Niscaya rasa kantuk kamu akan berkurang.

7. Tidur lebih cepat di hari selanjutnya

Setelah berhasil melewati satu hari yang melelahkan itu. Sebaiknya kamu mulai tidur di malam hari lebih awal dari biasanya. Ini bermanfaat untuk menormalkan kembali waktu tidur kamu yang kurang di malam sebelumnya.

Ke tujuh langkah diatas bisa kamu praktekan saat mendapati tubuh kurang beristirahat di malam hari.