Arang Itu Terlihat Hitam dan Kotor, Tapi ada 7 Manfaat Tak Terduga yang Mungkin Tak Pernah Kamu Ketahui

 

Inafeed.com – Salah satu hasil pembakaran yang punya banyak manfaat untuk kehidupan manusia yakni arang. Arang tak hanya sebagai sumber api yang di gunakan untuk memasak, tetapi di balik warna hitam sebuah arang ini punya manfaat lain yang tak pernah terduga . Bahkan manfaat arang ini mungkin kamu tak pernah mengetahuinya.

Arang pada dasarnya merupakan residu hitam berisi karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan kandungan air dan komponen volatil dari hewan atau tumbuhan.

Arang identik dengan warna hitam pekat. Banyak orang menganggap arang hitam itu kotor karena bisa meninggalkan noda . Eiiits jangan salah dulu, dibalik warna hitam arang ini ada manfaat luarbiasa lho.

Seperti yang dilansir dari Brilio.net, inilah dia diantaranya :

1. Sebagai pengusir bakteri.

Siapa yang bilang arang itu kotor ? Nah lho,  tau gak jika di balik arang berwarna hitam dan kotor ini ternyata punya manfaat luarbiasa sebagai pengusir bakteri.

Pemakaian arang aktif bisa mengusir mikroorganisme jahat. Mungkin kamu tidak tahu, jika arang ini bisa menjadi salah satu bahan yang tercampur dari produk kosmetik kecantikan yang kamu gunakan.

2. Cobain kopi arang, sensasi baru minum kopi

Pernah dengar yang namanya kopi arang ? Yups, kopi arang ini menjadi salah satu kopi paling sehat dan paling nikmat. Kebanyakan kopi arang dibuat dengan menggunakan tambahan arang yang masih membara ke dalam kopi yang diseduh. Banyak orang menyebut kopi arang ini sebagai kopi Joss khas Yogyakarta.

3. Bisa jadi karya seni yang bermutu tinggi

Salah satu manfaat arang yang paling istimewa yakni digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat karya seni yang nilainya bermutu tinggi. Seperti yang dilakukan oleh seniman bernama Pradipta asal Purworejo, Jawa Tengah ini banyak sekali menciptakan karya seni luarbiasa dengan bahan dasar arang.

4. Tren makanan dari arang ini juga nggak boleh kamu lewatin nih!

Arang juga bisa dijadikan sebagai tren makaanan lho. Gak percaya , buktinya banyak makanan yang menggunakan warna dasar hitam pekat seperti arang. Misalnya :

a. Pempek kapal selam arang bambu

7 Kemewahan arang

b. Burger hitam, wah sensasi baru makan burger nih

7 Kemewahan arang

c. Bahkan es krim juga lho!

7 Kemewahan arang

5. Arang bikin masakan punya aroma nikmat.

Salah satu manfaat luarbiasa yang ada di balik hitamnya arang yakni bisa mendukung cita rasa masakan. Masakan yang dimasak dengan api yang bersumber dari arang ini akan punya aroma lebih nikmat.Hal ini dikarenakan arang bisa membakar molekul organik kompleks.  Misalnya sate yang dibakar di atas bara arang.

6. Jadi produk kecantikan

Arang juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat produk kecantikan. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam arang dapat menyerap minyak, kotoran dan zat berbahaya lainnya yang bikin pori-pori kulit tersumbat. Biasanya banyak wanita memilih menggunakan masker yang terbuat dari serbuk arang.

7. Untuk kesehatan mulut

Dan manfaat luarbiasa dari arang yang tidak kamu ketahui yakni bisa untuk kesehatan mulut. Bahkan dalam kebiasaan orang Indonesia zaman dulu, arang bisa bersihin gigi dengan menggosoknya di gigi secara rutin. Namun untuk di zaman yang modern ini , penggunaan arang lebih diaplikasikan ke dalam bahan dasar pembuatan pasta gigi.

Lihat juga : Ini Alasan Kenapa Ada Orang yang Bisa Jalan di Api Tanpa Terbakar