Tradisi Pindah Rumah Suku Bugis Ini Unik Banget, Rumahnya Benar Benar di Pindah. Hanya Ada di Indonesia

Inafeed.com – Pasti Kamu sudah Gak asing lagi dengan kata pindah rumah, ketika kita sudah menemukan rumah baru yang ingin ditempati maka kita akan pindah rumah dari rumah lama ke rumah baru, namun pada umumnya yang pindah bukan rumahnya tapi barang barangya ada dan orang nya yang pindah rumahnya ya tetap  gak kemana mana.

Namun apa jadinya ketika pindah rumah tapi yang pindah benar benar rumahnya, mungkin kamu belum pernah melihat hal seperti ini ya tapi di suku bugis ada tradisi ketika pindah rumah maka yang pindah adalah rumah rumahnya.

Rumah adat Suku Bugis memang berupa rumah panggung dari kayu yang mudah dibongkar dan dipindahkan ke lokasi yang lain. Pada saat pemindahan tersebut kamu bisa melihat budaya gotong royong warga satu kampung yang sekarang ini sudah sangat jarang dijumpai.

Pengangkatan rumah oleh warga satu kampung ini dikomandoi oleh ketua adat atau kepala kampung. Ketua kampung tersebut yang akan memberikan aba-aba kapan harus mengangkat, berjalan, kecepatan langkah dan sebagainya.

Penasaran seperti apa seperti ini Videonya:

iklan