5 Gua Purba Dengan Lukisan Yang Wow Banget. Salah Satunya di Indonesia

229692_gua-skocjan_641_452

Inafeed.com – Negara Indonesia menjadi salah satunya negara yang dikenal memiliki banyak sekali peninggalan purbakala yang sangat berharga. Salah satunya , kerangka manusia purba seperti Meganthrous Paleojavaicus, Homo Wajakensis, hingga Pithecanthropus Erectus.

Namun ternyata , tak hanya kerangka manusia purba saja, Indonesia juga dikenal memiliki berbagai macam gua purba yang menampilkan keindahan luarbiasa karena terdapat lukisan yang sungguh menakjubkan.

Menurut penelitian para ilmuwan, gua ini dulunya digunakan oleh manusia purba untuk tinggal dan mengekspresikan apa yang mereka lihat.

Mau tahu seperti apa lukisan tersebut , seperti yang dilansir dari viva.co.id, inilah dia diantaranya :

1. Gua Maros – Sulawesi Selatan

1

Salah satu gua purba di Indonesia yang punya lukisan luarbiasa yakni Gua Maros yang ditemukan di kawasan gua karst Maros, Pangkajene, dan Kepulauan.

Di Gua Maros ini terdapat dua lukisan yang sangat luarbisa yang diantaranya berupa 12 cap tangan manusia dan 2 gambar figur hewan.

Menurut sejumlah penelitian yang berkerja sama antara Pusat Arkeologi Nasional, Universitas Wollongong, dan Universitas Griffith Autralia melaporkan jika lukisan yang ada di dalam gua diperkirakan berumur lebih dari 40.000 tahun. Artinya nyaris sama dengan Situs El Castilo yang ditemukan di Spamyol puluhan tahun silam.

Dan kabarnya , Gua Maros ini dihuni oleh manusia purba sejenis Homo sapiens.

2. Gua Pettae dan Pettae Kere – Sulawesi Selatan

2

Salah satu gua purba di Indonesia yang juga punya lukisan luarbisa yakni Gua Pette dan Gua Pettae Kere .

Kedua gua ini ditemukan oleh arkeolog Belanda bernama Van Heekeren dan Heeren Palm tahun 1950. Gua ini memiliki sejumlah lukisan purba yang diperkirakan berumur 8.000-3.000 SM.

Gua ini banyak sekali menampilkan cap tangan dan beberapa gambar hewan seperti babi rusa. Warna lukisan dan cap tangan di dalam gua berwarna merah. Lukisan di Gua Pettae ini menceritakan tentang babi rusa liar yang nantinya akan digunakan untuk makan.

3. Gua Liang Kobori – Sulawesi Tenggara

3

Gua Liang Kobori  ini juga merupakan salah satu gua yang memiliki lukisan purba . Gua Liang Kobori ini terletak di Sulawesi Tenggara tepatnya di Desa Mabolu, Kabupaten Muna.

Salah satu lukisan purba di Gua Liang Kobori ini diantaranya lukisan tentang orang sedang bercocok tanam, beternak, hingga peperangan. Bahkan ada juga lukisan yang terbilang cukup unik, seperti gambar gajah dan layang-layang yang konon digunakan sebagai media ritual. Arkeolog memperkirakan jika lukisan di dalam gua ini berusia 4.000 tahun.

4. Gua Kontilola – Papua

4

Gua Kontilola juga merupakan salah satu gua purba yang ada di Indonesia tepatnya di Papua. Di Gua Kontilola ini juga terdapat sejumlah lukisan purba yang diantaranya lukisan yang menggambarkan beberapa sosok mirip manusia yang memiliki kepala sangat bulat dan tidak memiliki rambut di atasnya.

5. Gua Maluku

5

Gua Maluku juga merupakan salah satu gua yang ada di Indonesia. Di Gua ini menyimpan sejumlah lukisan kuno yang setidaknya ada 100 lukisan kuni yang ditemukan pada tahun 1937 oleh seorang arkeolog bernama J. Roder .

Rata-rata lukisan yang ada di dalamnya berupa cap tangan dengan warna pinggirannya merah. Lukisan ini ditemukan di beberapa pulau di Maluku. Konon katanya , lukisan itu dibuat oleh manusia purba yang  sedang bereksperimen untuk membuat sebuah karya seni.

Lihat juga : 5 Artefak Ini Diduga Peninggalan Alien Pantas Aja Bentuknya Aneh dan Sedikit Misterius