Ini Dia Senjata Paling Mematikan dari Masa Lalu. Pasti Kamu Gak Menyangkanya

rian_00739865_hr_468

Inafeed.com – Tahukah kamu jika selama ini banyak sekali senjata – senjata yang dianggap berbahaya untuk kehidupan manusia. Sebab, bila senjata ini digunakan , akan bisa membuat musuh mati seketika.

Dan salah satu senjata yang dianggap paling mematikan sepanjang sejarah ini salah satunya senajata yang disebut dengan nama Rogatina.

Senjata Rogatina ini diciptakan di awal era Slavia yang punya kemampuan untuk melawan musuh di tengah hutan.

Bahkan kabarnya , senjata Rogatina ini mampu memenangkan pertempuran dan rancangannya tak berubah selama lima abad.

Dengan kemampuan yang luarbiasa , senjata ini digunakan oleh militer hingga akhir 1600-an. Rogatina ini dibuat dengan menyerupai tombak namun memberi pukulan yang lebih mematikan, rogatina merupakan salah satu senjata pertama yang paling ditakuti milik para ksatria Slavia kuno.

Senjata ini mudah dikenali, namun karakternya memiliki kelasnya sendiri, dan hanya bisa disandingkan dengan persenjataan tetangga-tetangga Slavia serta musuh bebuyutannya, Viking.

Menariknya , senjata Rogatina ini juga punya banyak manfaat terutama untuk menaklukan musuh saat bertempur maupun berburu.

Rogatina dapat memberi pukulan mematikan pada penyerang, yang saat terluka akan menjatuhkan diri, membuat pisau tersebut menusuk dalam akibat bobotnya.

Salah satu pertemuan sang tsar dengan beruang pernah disaksikan oleh pejabat Prusia Otto von Bismarck saat bertugas sebagai Duta Besar untuk Rusia. Penulis tersohor Leo Tolstoy juga merasakan ‘kematian atau kejayaan’ berburu dengan rogatina, meski ia hampir terbunuh saat jatuh dalam cengkeraman beruang yang geram.

Senjata Rogatina ini efektivasnya terletak pada ujung tombak yang melekat erat pada tangkai, dan pasukan yang tak berperang bisa mencopotnya agar mudah dibawa dan disimpan.

Pada 1377, rogatina kehilangan kesempatan untuk bersinar dengan menyelamatkan Pangeran Nizhny Novgorod Ivan Dmitrievich dari kekalahan atas suku Tatar di Pyana River.

Selain digunakan untuk berburu dan bertempur , senjata Rogatina ini dijadikan sebagai mainan Aristrokat

Salah satu mahakarya rogatina ditempa pada awal abad ke-15, rogatina milik Pangeran Boris dari Tver. Selain kualitas pisau yang luar biasa, gagang panjang yang cocok dengan tangkai kayu dan dihiasi dengan ukiran perak yang menampilkan aksi heroik dan kematian tragis pemilik sebelumnya, Pangeran Mikhail, dalam pertempuran dengan suku Tatar.

Arsip Senjata Kremlin juga mendeskripsikan edisi seremonial yang dirancang untuk Tsar Ivan yang Mengerikan dan Boris Godunov sebagai bagian dari regalia seremonial untuk peristiwa khusus.

Di bawah reformasi militer, Tsar Peter yang Agung pada awal 1700-an memperkenalkan bayonet sebagai senjata canggih dasar bagi infanteri, sementara rogatina tak lagi digunakan. Namun, ia tetap digunakan untuk berburu dan masih menjadi senjata pilihan masyarakat awam Rusia hingga awal abad ke-20.

Mungkin dari tadi dijelaskan jika senjata Rogatina ini bentuk menyerupai tombak. Namun ada beberapa perbedaan yang dimiliki senjata Rogatina ini.

Jika dibandingkan dengan tombak Eropa , senjata Rogatina ini lebih memiliki ukuran dan bobot yang jauh lebih besar. Kebanyakan kepala tombak berbobot tak lebih dari 400 gram, sementara senjata Rusia yang terbuat dari besi keras dapat mencapai satu kilogram dengan panjang setengah meter. Dua pertiga senjata ini merupakan pisau bermata dua yang berbentuk seperti daun salam dan memiliki tebal setengah centimeter.