Ini Dia 5 Negara Dengan Pertanian Terbaik di Dunia. Coba Cek Apa Indonesia Masuk

pertnaian-indonesia

iklan

Inafeed.com – Sektor pertanian dunia menjadi salah satu hal yang selalu diperhatikan oleh pemerintah negara. Bahkan sektor pertanian ini menjadi salah satu sektor paling penting dan wajib ada demi menunjang ketahanan pangan masyarakat yang tinggal di negara tersebut.

Bahkan , sejauh ini banyak sekali negara – negara yang memiliki sektor pertanian terbaik. Dan tahukah kamu jika ternyata Indonesia pernah menjadi salah satu negara dengan sektor pertanian terbaik yang mampu mengekspor beras terbaik di dunia.

Selain Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga pernah dinobatkan sebagai negara dengan sektor pertanian terbaik. Dan seperti yang dilansir dari viva.co.id, inilah dia 5 negara dengan pertanian terbaik di dunia.

1. Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang terdaftar dalam sektor pertanian terbaik di dunia. Jepang menerapkan teknologi di bidang pertaniannya. Masyarakat Jepang sangat kreatif dalam pengolahan lahan untuk di jadikan sebagai lahan pertanian mulai dari cara menanam di ruang bawah tanah, di pekarangan rumah, pinggiran kereta api, dan sebagainya.

Bahkan untuk lebih memajukan industri pertaniannya , Jepang merencanakan sistem pertanian yang lebih modern dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi mereka yang canggih seperti traktor tanpa awak, mesin tanam, dan mesin panen mulai di gunakan para petani.

2. Belanda

Belanda termasuk negara yang berhasil menduduki peringkat 2 untuk negara pengekspor produk pertanian terbesar didunia dengan nilai ekspor mencapai 72,8 miliar Euro. Produk andalannya adalah benih dan bunga. Kunci dari majunya pertanian di Belanda adalah riset.

Belanda memiliki kebijakan-kebijakan dan teknologi di adopsi dari riset-riset yang dilakukan para ahli seperti pusat riset yang dikenal dengan nama universitas Wageningen. Sektor pertanian Belanda dinilai sangat baik bisa dibuktikan dengan pengelolaan pertanian Belanda  dimana dengan luas hanya 41.526 km persegi mampu menjadi yang lebih unggul bila dibandingkan dengan negara kita yang luasnya 1.919.440 km persegi.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga menjadi salah satu negara yang masuk dalam daftar negara dengan sektor pertanian terbaik. Sektor pertanian Amerika Serikat di dukung dengan adanya ilmu pertanahan yang berguna untuk mengelola tanah pertanian dan mengatur sistem irigasinya. Amerika Serikat merupakan salah satu negara pengekspor hasil tani terbesar di dunia. Komoditasnya pun lengkap dan berkualitas sangat baik.

4. Australia

Australia juga merupakan salah satu negara dengan sektor pertanian terbaik. Australia punya luas (7,5 juta kilometer persegi), tetapi kebanyakan terdiri atas padang pasir dan daerah-daerah yang setengah gersang. Australia punya dua pertiga atau 485 juta hektar tanah yang mencakup :
20,9 juta hektare untuk menanam tanaman pangan;
27,5 juta hektare untuk ditanami macam-macam rumput; dan
436,6 juta hektare untuk padang rumput tempat domba dan ternak merumput, atau dibiarkan tandus.

5. Cina

Cina juga merupakan salah satu negara yang termasuk ke dalam sektor pertanian di dunia. Sektor pertanian di Cina hanya dengan memanfaatkan luas darat Tiongkok mencapai 9,6 juta kilometer persegi, namun areal tanah garapan hanya 1,27 juta kilometer persegi, yaitu hanya 7% areal total tanah garapan dunia, apa lagi tanah garapan Tiongkok itu kebanyakan terpusat di dataran dan daerah cekung bagian timur yang beriklim “angin musim”.

Industri tanaman adalah sektor produksi pertanian yang paling penting di Tiongkok. Tanaman bahan pangan utama Tiongkok adalah padi, gandum, jagung dan kedelai, sedangkan tanaman industri adalah kapas, kacang tanah, rapa, tebu.

Nah, itulah dia kelima negara dengan sektor pertanian terbaik.

iklan
iklan