Coba Deh, 5 Cara Ini Bisa Bikin Smartphone Android Kamu Jadi Gak Lemot Lagi

cara-mengatasi-android-lemot-14

Inafeed.com – Memiliki smartphone Android pada dasarnya butuh perawatan khusus mulai dari perawatan kebersihan dan penggunaan yang benar. Banyak orang tak tahu bagaimana menggunakan smartphone android yang benar , asal main – main yang pada akhirnya bisa membuat smarphone android kamu lemot.

Ketika smartphone android kamu lemot, tentunya pengguna akan merasa kesal karena penggunaanya bisa dikatakan tidak maksimal.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi masalah smartphone android yang lemot.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, inilah dia 5 cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat smartphone android kamu tidak lemot lagi.

1. Perbarui OS Android

Salah satu cara untuk membuat performa smartphone Android kamu tidak lemot lagi yakni dengan cara memperbaharui OS Android (update) yang bisa mendukung manajemen RAM yang lebih baik dari versi sebelumnya.

2. Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Smartphone Android kamu yang lemot juga bisa disebabkan akibat banyaknya aplikasi yang tak terpakai. Aplikasi yang tak terpakai ini akan memakan ‘jatah’ ruang penyimpanan memori dan RAM yang membuat ruang penyimpanan penuh sehingga kinerja smartphone pun akan lebih lambat. Untuk itu, cobalah untuk menghapus beberapa aplikasi yang tak terpakai agar performa smartphone kamu lebih baik lagi.

3. Nonaktifkan Aplikasi yang Tak Perlu

Smartphone kamu lemot juga bisa disebabkan akibat banyaknya aplikasi yang aktif. Untuk itu , cobalah untuk menonaktifkan aplikasi yang tak perlu. Selain bisa menghemat data , cara ini juga bisa membuat performa smartphone kamu menjadi lebih baik lagi.

Kamu dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan, dengan membuka menu Settings>Application>App manager. Pilih aplikasi dan tekan tombol Disable.

Jika ponsel kamu menggunakan OS Android Lollipop atau sebelumnya, kamu bisa menonaktifkan aplikasi dengan menekan tombol navigasi Recent Apps di ponsel kamu (tekan tombol home yang lama), kemudian geser ke kiri atau ke kanan untuk menutup aplikasi yang masih terbuka.

4. Pembaruan Aplikasi

Pembaharuan aplikasi juga sangat mendukung untuk mengembalikan performa smartphone yang lemot. Pembaharuan aplikasi iniĀ  dapat membuat aplikasi yang ada di ponsel kamu bisa beroperasi dengan lebih baik dan cepat ketimbang aplikasi yang tidak di update.

5. Hindari Wallpaper Live dan Matikan Animasi

Smartphone yang lemot juga bisa disebabkan akibat penggunaan walpaper live atau wallpaper yang bergerak. Selain itu, efek animasi juga sangat membebankan GPU dan RAM sehingga membuat ponsel lebih lambat.

Nah, untuk menstabilkan kembali , cobalah untuk mematikan animasi dengan cara buka menu Settings>Developer Options (tap Build Number beberapa kali, untuk memunculkan Developer Options)> Window Animation Scale> Animation scale OFF.

Setelah melakukan cara di atas, kamu tak akan melihat efek animasi saat mengunci ponsel.

Nah, itulah dia kelima cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat smartphone Android kamu jadi gak lemot lagi.

iklan