5 Tempat di Indonesia ini Diyakini Sebagai Gudangnya Emas

3

Inafeed.com – Indonesia menjadi salah satu negara paling punya banyak kekayaan alam bahkan keindahan flora , fauna dan biota laut semuanya ada di Indonesia. Indonesia sangat pantas jika mendapatkan julukan surga nan indah karena memang keindahan alam Indonesia tiada tandingnya.

Bahkan , Indonesia juga punya tempat pertambangan paling mengagumkan , salah satunya tempat pertambangan emas.

Indonesia punya beberapa tempat pertambangan emas , bahkan tempat tersebut bisa dikatakan sebagai gudangnya emas.

Seperti yang dilansir dari Viva.co.id, inilah dia 5 tempat di Indonesia yang diyakini sebagai gudangnya emas.

1. Halmahera Daerah Indonesia Yang Katanya Punya Kandungan Emas yang Banyak

Indonesia punya salah satu tempat pertambangan emas yang sangat luarbiasa. Tempat ini berada di daerah pedalaman Indonesia yakni Halmahera.

Di tempat inilah , emas yang benar – benar murni bisa ditemukan. Di tempat ini kandungan emas cukup potensial. Di tempat ini juga suda berdiri  tiga tambang emas yang secara resmi dibuka dan beroperasi disana. Ketiganya sudah bisa menghasilkan emas dalam jumlah yang cukup lumayan banyak.

Bahkan , pemerintah yakin jika pertambangan emas di Halmahera bisa menghasilkan banyak emas dan bisa mengalahkan hasil produksi tambang-tambang emas lainnya yang tersebar di Indonesia.

2. Daerah Martabe di Sumatera Utara Yang Konon Katanya Punya Potensi Emas Melimpah

Di sebelah barat tepatnya di Pulau Sumatera , Indonesia ini juga dijadikan sebagai salah satu tempat gudangnya emas. Tempat tersebut dikenal dengan nama Martabe. Tercatat hampir 75 persen pekerjaannya adalah orang-orang sekitar Martabe yakni sebagai petambang emas.

Pertambangan emas di Martabe ini akan terus menggali emas – emas murni demi bisa menyaingi tambang-tambang yang sudah punya nama macam Freeport atau New Mount.

3. Tambang Emas Pongkor Jawa Barat Dengan Kandungan Emas yang Banyak

Pulau Jawa juga menjadi salah satu tempat di Indonesia yang menjadi gudangnya emas tepatnya di Jawa Barat.

Tabang emas di Jawa Barat ini diberi nama tambang emas Pongkor yang mengandung emas dalam jumlah yang banyak banget.

Namun sayangnya , Pongkor nggak lama lagi bakal ditutup di tahun 2021 akibat kurang perhatiannya perusahaan yang memperbolehkan adanya pertambangan liar hingga membuat nilai tambang menurun drastis.

4. Kekayaan Emas Indonesia Juga ada di Pulau Dewata – Bali

Kekayaan emas Indonesia juga ada di Pulau Dewata , Bali. Pertambangan emas di Bali ini ditemukan oleh seorang ahli Geologi Indonesia bernama I Ketut Ariantana yang menyatakan jika pulau dewata ini punya potensi kandungan emas dalam jumlah yang cukup banyak.

5. Bengkulu Yang Konon Kayanya Punya Kandungan Emas Lebih Besar dari Freeport

Salah satu pertambangan emas paling banyak di Indonesia yakni berada di kota Bengkulu. Dikatakan jika kandungan logam mulia di Bengkulu ini lebih banyak dari kandungan emas di Freeport Papua.

Dari salah satu penelitian dari Inggris misalnya yang menyatakan jika Bengkulu kemungkinan besar menyimpang satu juta ons emas di bawah tanahnya. Namun jumlah tersebut hanya perhitungan kasar dan masih diperkirakan jika kandungan emas di Bengkulu ini meluas sampai berhektar-hektar

Nah, itulah dia sejumlah tempat di Indonesia yang menjadi gudangnya emas.

iklan