Ini dia 10 Kelebihan Ilmu dibandingkan Banyak Harta

ilmu-dan-harta

Inafeed.com – Jika kamu suruh memilih antara harta dan ilmu , kamu pilih yang mana ?

Harta dan ilmu merupakan dua hal terpenting bagi manusia hidup di dunia. Namun kebanyakan , orang hidup di dunia ini tujuannya hanya untuk bisa mengumpulkan banyak harta demi kesenangan duniawi.

Namun tahukah kamu jika ternyata , harta itu bukanlah suatu hal yang berharga . Jika dibandingkan harta atau ilmu , jelas saja lebih berharga ilmu.

Jika kita memiliki sedikit ilmu, maka kita akan sengsara di dunia. Namun bila kita bergelimangan harta tetapi tidak memiliki ilmu untuk menggunakannya dengan baik, maka harta yang kita miliki seakan tak berguna.

Ilmu jauh lebih baik dan lebih berharga. Sebab , ketika kita memiliki banyak ilmu hidup kita akan bahagia, karena di saat kebutuhan ekonomi tidak terpenuhi, maka ucapan syukurlah yang terus terucap. Dengan ilmu kita akan lebih bertawakal kepadaNya atas segala takdir yang diberikan.
Bahkan dengan banyak ilmu kita bisa menemukan berbagai macam cara untuk bisa mendapatkan harta. Sementara harta tak bisa digunakan untuk mendapatkan ilmu .

Sebagaimana Allah SWT berfirman, “…Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di anataramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat….,” (QS Al-Mujadalah: 11)

Dan tahukah kamu jika ternyata ada berbagai kelebihan ilmu yang perlu kamu ketahui. Kelebihan ilmu ini dijabarkan langsung oleh khalifah Ali bin Abi Thalib bahwa ilmu jauh lebih bermanfaat dibandingkan harta.

Seperti yang dilansir dari islampos.com, inilah dia 10 kelebihan ilmu dengan banyak harta. Yuk, simak !

1.Ilmu adalah warisan para Nabi.
2.Mampu menjaga orang yang mempunyainya.
3.Memungkinkan banyak teman.
4.Jika diberikan ke orang lain maka akan bertambah.
5.Membuat orang sering dipanggil dengan sebutan baik.
6.Memungkinkan memberikan syafaat di hari kiamat.
7.Apabila disimpan tidak akan habis.
8.Tidak usah dijaga dari kejahatan.
9.Tidak membutuhkan tempat.
10.Ilmu akan menyinari hari manusia menjadi terang dan tentram.

Jadi, kita hidup di dunia ini hanyalah sementara. Jika kamu ingin hidup bahagia di dunia , banyak – banyaklah menuntut ilmu karena ilmu akan terus memberikan manfaat sampai akhir hayat nanti sementara harta yang berlimpah akan habis dalam waktu sekejab dan tidak bisa dijadikan jaminan hidup di dunia.