Pulau Terpadat di Dunia Ini Ternyata ada di Indonesia Lho, Seperti ini Penampakannya

Inafeed.com – Tahukah kamu jika pulau terpadat di dunia ini diduduki oleh negara Indonesia. Negara Indonesia memang tercatat sangat padat penduduk. Bahkan Indonesia menjadi negara terbesar di dunia yang memiliki baragam suku dan budaya. Indonesia juga terbentang luas dari sabang sampai marauke.

Negara Indonesia terdiri dari berbagai macam pulau besar mulai dari pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi , Sumatra dan Papua. Di samping pulau besar juga terdapat pulau kecil yang punya penduduk paling padat.

Dan salah satu pulau paling padat di dunia ini di duduki oleh pulau Bungin. Pulau ini dibangun begitu kecil tapi penduduknya sangat padat banget.

Baca juga : Ajaib! Ternyata Pulau – pulau di Indonesia Menyerupai Gerakan Sholat

Bahkan saking padatnya , bagian atas pulau penuh sama rumah penduduk, sampai-sampai nggak ada lahan kosong lagi. Bayangin aja, luas pulau ini cuma sekitar 1,5 km2, tapi dihuni sama kurang lebih 4500 jiwa! Biar lebih gampang, kira-kira kotak ukuran satu meter persegi diisi lebih dari 30 orang. Bandingin sama Jakarta yang tingkat kepadatannya + 15 ribu/km2, atau sama dengan 10 orang per meter persegi.

Kamu yang ingin melakukan eksplore dunia bisa saja mengunjungi pulau Bungin ini . Pemandangan pulau ini sungguh  padat banget. Untuk mengunjungi pulau ini hanya diperlukan akses jembatan langsung dari daratan Sumbawa buat mencapai pulau padat ini. Jaraknya sekitar 74 kilometer dari Kota Sumbawa Besar, atau sekitar 2 jam perjalanan naik mobil. Pulau Bungin sendiri merupakan sebuah desa yang masuk ke wilayah Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, mengenal jauh dari pulau Bungin ini yakni mereka yang tinggal di Pulau Bungin ini berasal dari suku Bajo dari Sulawesi Selatan.

Kepadatan penduduk di pulau Bungin ini terjadi karena setiap tahunnya, ada sekitar 30 pernikahan di Pulau Bungin dan rata-rata mereka memilih tinggal di rumah mertua atau orang tuanya daripada harus keluar ke kota atau desa lain.

Soal mata pencaharian, Suku Bajo emang terkenal sebagai suku yang melaut. Dari kecil mereka udah diajari menyelam dan menangkap ikan. Makanya mereka udah ngerasa nyaman dan betah tinggal di Bungin yang sumber daya lautnya kaya.

Berikut ini foto – foto pemandangan pulau bungin.

1. Pulau Bungin, pulau kecil terpadat di Indonesia

1
2. Perjalanan menuju Pulau Bungin

2
3. Mayoritas penghuninya adalah Suku Bajo

3
4. Memilih buat nggak merantau ke luar pulau

4
5. Kekurangan lahan menimbulkan masalah lingkungan

5

Salah satu hal yang sangat disayangkan dari pulau bungin ini adalah kerusakan terumbu karang . Akibat padat penduduk dan keterbatas lahan Bungin berdampak juga pada karang di sekitar pulau. Penduduk pulau tanpa garis pantai ini kadang terpaksa bangun rumah di atas terumbu karang. Orang-orang muda di Bungin sebenarnya udah pernah mencanangkan reklamasi di pulau mereka, tapi sebelum program selesai, udah ada peraturan pemerintah yang melarang reklamasi. Selain lahan, penduduk Bungin juga dihadapkan pada persoalan kurangnya ruang terbuka hijau dan sanitasi sampah. Satu-satunya lapangan terbuka di Bungin adalah pelataran masjid.