Kenapa Mata Kamu Kedutan, Ternyata ini 6 Penyebabnya. Hati Hati Bisa Jadi Tanda Penyakit Gak Boleh Diabaikan

bulu-mata_20160829_211428

Inafeed.com – Kedutan merupakan salah satu kontraksi mata yang seakan bergerak sendiri dengan ritme cepat. Banyak sekali mitos orang zaman dahulu tentang kedutan. Misalnya jika mata sebelah kiri atas kedutan maka kamu akan menangis dan jika sebelah kanan atas yang kedutan maka kamu akan mendapatkan rejeki.

iklan

Tapi itu hanyalah mitos belaka. Rejeki dan apapun yang terjadi semua itu sudah kuasa Allah SWT.

Jika banyak mitos tentang kedutan ini beredar luas dan menimbulkan kepercayaan sendiri. Tapi apakah kamu tahu tentang penyebab kedutan itu sendiri ?

Menurut Hannah Yecheskel, dokter optometri dan pendiri All Eyes di Rockville mengatakan jika mata kedutan itu disebabkan akibat saraf di otot mata yang bekerja di bawah tekanan. Sementara menurut ahli bedah mata Brian Boxer Wachler, MD menjelaskan jika kelopak mata kita sangat halus dan rentan terhadap berbagai jenis efek. Biasanya, keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.

Dan ternyata , tak hanya itu saja masih banyak lagi penyebab mata kamu bisa kedutan. Bahkan katanya kedutan bisa menjadi salah satu tanda penyakit.

Seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, inilah dia diantaranya :

1. Terlalu banyak minum kafein

Terlalu banyak minum kafein juga bisa menjadi salah satu penyebab mata kamu bisa kedutan. Hal ini disebabkan stimulan kafein dapat meningkatkan denyut jantung dan metabolismemu.

2. Mengalami stress

Mata kedutan juga bisa disebabkan akibat terlalu stres.  Reaksi terhadap pikiran yang stress ini bisa menyebabkan mata kamu kedutan dan ini tandanya kamu butuh relaksasi.

3. Memiliki alergi

Mata kedutan juga bisa disebabkan akibat alergi pada suatu hal. Alergi bisa menyebabkan tubuh melepaskan histamin lebih banyak ke dalam sistem tubuh sehingga tubuh akan mengeluarkan reaksi yang berbeda dengan biasanya.

4. Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa menjadi salah satu penyebab mata kamu kedutan. Mata yang lelah sangat mempengaruhi otot mata dengan menandakan mata kamu butuh istirahat.

5. Ukuran kacamata tak lagi sesuai

Ukuran kaca mata yang tak sesuai juga bisa menyebabkan mata kamu kedutan karena ukuran kacamata mempengaruhi otot matamu yang membuat mata bekerja terlalu berat.

6. Kemungkinan memiliki tumor

Dan salah satu penyebab kenapa mata kamu kedutan ini juga bisa disebabkan akibat tumor mata. Kedutan yang tidak wajar dengan ritme yang sulit berhenti ini menjadi tanda jika ada salah satu masalah pada kelenjar otot mata kamu. Jika sudah begini, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter.

Nah, itulah dia keenam penyebab jika mata kamu kedutan.

 

 

iklan
iklan