7 Penemuan Hebat ini Ternyata Gak Sengaja Ditemukan. Berawal Dari Sebuah Kesalahan

Inafeed.com – Tahukah kamu jika selama ini banyak sekali para ilmuwan – ilmuwan yang berusaha menciptakan sebuah penemuan terbaru. Mereka pun berusaha semaksimal mungkin agar penemuannya tersebut bisa menciptakan sebuah karya terbaru yang hasilnya memuaskan.

Namun tahukah kamu jika ternyata , sebanyak penemuan terbaru yang berhasil diciptakan oleh sejumlah ilmuwan ini dibuat dalam kondisi yang gak disengaja.

Seperti yang dilansir dari Keepo.me, inilah dia diantaranya :

1. Alat Bantu Jantung

index

Salah satu penemuan yang diciptakan secara tidak sengaja yakni alat bantu jantung yang pertama kali ditemukan oleh Paul Zoll pada tahun 1952 . Penemuan alat bantu jantung ini awalnya dikembangkan oleh Wilson Greatbatch yang ketika itu melakukan sebuah penelitan terhadap pasien, tanpa disengaja Wilson melakukan sebuah kesalahan, dia memasang sebuah resistor yang berbeda ke tubuh pasienya tersebut, namun bukanya menimbulkan masalah, kesalahan tersebut malah menyadarkan Wilson mengenai sebuah alat yang hampir mirip dengan kinerja jantung, dari percobaan Wilson tersebut, dia bisa menemukan sebuah alat bantu jantung . Sejak saat itulah , alat ini dipercaya oleh pihak medis untuk menangani pasien yang punya masalah dalam detak jantung lemah.

2. Sabun Berbusa

images

Sabun berbusa juga merupakan salah satu penemuan yang dilakukan secara tidak sengaja. Sabun berbusa ini ditemukan pertama kali di tahun 1879.

Penemuan ini berawal ketika seorang pegawai melakukan sebuah kesalahan, dia meninggalkan sebuah mesin pembuat sabun disebua pabrik untuk makan siang, akibat dari kecerobohanya tersebut sabun yang dihasilkan menjadi mengeluarkan busa, karena lebih efisien dan signifikan, kesalahan pegawai tersebut diacungi jempol oleh pemilik pabrik dan sampai sekarang sabun mengeluarkan busa.

3. Ban Karet

index

Ban karet ini juga merupakan hasil penemuan yang dilakukan secara tidak sengaja. Penemuan ini dilakukan oleh Charles Goodyear yang ketika itu tengah melakukan sebuah kesalahan. Charles pada saat itu menjatuhkan sebuah karet dan zat sulkfur diatas kompor yang panas, dari sinilah Charles menciptakan sebuah ban karet yang tahan panas ataupun dingin speerti yang banyak digunakan.

4. Menara Pisa

index

Menara Pisa di Italia ini pada dasarnya merupakan salah satu keajaiban dunia ini dibangun oleh artsitek Bonnano da Pisa.

Namun katanya arsitek tersebut salah dalam melakukan sebuah perhitungan mengenai kedalaman fondasi bangunan dengan tinggi bangunan, hal tersebut membuat fondasi menara Pisa tidak kuat dan bahkan dari tahun ketahun mengalami kemiringan, namun karena keunikan inilah menara Pisa hingga saat ini menjadi daya tarik para wisatawan.

5. Choco Chip

images

Seorang wanita bernama Ruth Wakefiled menjadi penemu Choco Chip. Dan ternyata , penemuan Choco Chip ini dilakukan secara tidak sengaja ketika dirinya sedang kedatangan para tamu yang sangat banyak, dia bingung dan sangat sibuk untuk menyiapkan sebuah jamuan, karena selain mengurusi tamu, wanita tersebut juga harus menangani masalah hotel yang dimiliki, kemudian karena Ruth terburu-buru, dia hanya membuatkan jamuan kepada para tamu dengan meletakan potongan coklat padat keatas sebuah kue, namun coklat padat tersebut tidak meleleh, setelah itu Ruth menghidangkan alakadarnya kepada para tamu, para tamu tersebut melihat keunikan dari kue kering buatan Ruth, mereka sangat suka dengan penampilan dan rasa khas yang dimiliki oleh kue tersebut.

6. Silly Putty

index

Silly Putty merupakan sebuah permainan sejenis karet yang bisa kita bentuk dengan berbagai macam bentuk yang sangat populer di Amerika Serikat.

Dan ternyata , Silly Putty ini juga merupakan sebuah hasil penemuan yang tak disengaja ketika seorang pria bernama James bertugas untuk membuat sebuah produk dari pohon karet, dia saat itu tidak sengaja salah mencampurkan bahan kimia, sehingga menyebabkan karet menjadi lebih lentur. Dan pada akhirnya , produk ciptaannya ini malah dijadikan sebuah jenis permainan olahraga yang menyehatkan.

7. Post it

6-postit

Dan salah satu hasil penemuan yang dilakukan secara tidak sengaja yakni Post it . Pada dasarnya , Post it ini merupakan sebuah stiker tempel warna-warni yang diciptakan dari sebuah produk gagal. Penemuan ini berawal ketika seorang pekerja yang bernama Spencer mendapatkan sebuah job untuk membuat sebuah lem kuat, namun percobaanya untuk membuat sebuah lem kuat selalu gagal, semua hasil percobaanya tersebut diletakan dirumah, hingga suatu ketikan datanglah rekannya yang bernama Arture. Rekanya tersebut mencari sebuah lem yang lunak atau tidak terlalu lengket dan dia menggunakan lem buatan Spencer, dari lem yang digunakan tersebut Arture dapat menandai buku tanpa merusak teksture kertas dengan menggunakan lem. Hingga pada akhirnya terciptalah sebuah stiker warna warni seperti post it.

Nah, itulah dia ketujuh penemuan yang diciptakan secara tidak sengaja. Walaupun dianggap sebagai produk gagal, tapi produk tersebut banyak bermanfaat ya guys bahkan banyak digunakan oleh masyarakat dunia.

 

iklan