5 Kesalahan Cowok Saat Mencukur Jenggot yang Perlu diwaspadai jika kamu gak mau menyesal

6082_tips_mencukur_yang_aman

Situshiburan.com – Pria jantan umumnya adalah pria yang mengaku mempunyai Jenggot. Namun , tidak semua pria suka memelihara jenggot. Selain membuat rasa risih, tetapi juga bisa membuat penampilan jauh lebih dewasa yang membuat dirinya terlihat lebih tua. Itulah kenapa jika banyak pria yang memilih untuk mencukur jenggotnya agar terlihat lebih cool dan rapi. Namun , ada banyak kesalahan yang dilakukan pria ketika mencukur jenggot. Kesalahan ini sebenarnya perlu di waspadai lebih awal jika kamu tidak ingin menyesal.

Kesalahan mencukur jenggot ini bisa berakibat fatal, baik dalam masalah kesehatan atau pun penampilan. Dan seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 kesalahan cowok saat mencukur jenggot.

1. Mencukur terlalu sering

Salah satu kesalahan saat cowok mencukur jenggot terlalu sering ini bisa menyebabkan jenggot akan semakin lebih tumbuh dengan lebat. Biasanya pria yang setiap hari ingin mencukur jenggot ini karena ingin terlihat lebih rapi dan bersih tanpa jenggot. Namun pada akhirnya malah membuat pertumbuhan jenggot semakin lebat dan juga bisa menyebabkan kerusakan pada butir kulit luar yang tipis.

2. Menekan terlalu dalam

Kesalahan cowok saat mencukur jenggot yakni menekan terlalu dalam. Menekan alat pencukur jenggot terlalu dalam ini bisa menyebabkan iritasi. Awalnya menekan terlalu dalam bisa membuat jenggot tercukur sampai ke akar. Namun pada akhirnya bisa meninggalkan luka dan rasa perih.

3. Menggunakan pisau cukur tua

Banyak pria yang mencukur jenggot namun tidak memperhatikan pisau cukur yang digunakan. Pisau cukur ini sebaiknya harus diganti yang lebih baru jika ingin emncukur jenggot. Namun , pria kebanyakan asal pakai bahkan pisau cukur tua pun akan di pakainya. Pisau cukur tua ini bisa menyebabkan iritasi dan penyebaran bakteri. Sehingga lebih dominan menyebabkan luka di sekitar kulit jenggot.

4. Berenang setelah cukur

Umumnya pria mencukur jenggot itu dilakukan sebelum dirinya mandi. Namun , kesalahan yang tidak disadari pria saat mencukur jenggot yakni mencukur jenggot habis itu berenang. Ada beberapa masalah yang akan terjadi jika kamu berenang setelah mencukur jenggot. Karena dalam kondisi pori-pori kulit yang terbuka sedikit lebih lebar ini dapat menyebabkan infeksi. Bakteri pada air kolam yang kotor ini akan lebih mudah masuk ke dalam wajah melalui pori – pori yang masih terbuka lebar itu.

5. Mencukur daerah yang sama dua kali

Gesekan pertama saat mencukur jenggot ini diketahui telah bisa membersihkan rambut jenggot sampai ke akar. Namun kebanyakan pria merasa kurang bersih sehingga mencukur dua kali di area yang sama. Hal ini bisa membuat kulit jenggot menipis dan bisa menyebabkan iritasi.

Nah, itulah dia kelima kesalahan cowok saat mencukur jenggot dan perlu di waspadai agar tidak menyebabkan masalah yang serius. Sebab, iritasi yang terjadi di sekitar kulit jenggot ini bisa meninggalkan bekas luka yang mempengaruhi penampilan wajah.