4 Jenis Ayam Asli Indonesia ini Harganya Bikin Geleng Geleng Kepala

Inafeed.com – Kamu suka pelihara ayam pasti tahu berapa harga pasaran ayam . Terutama ayam yang dikelompokkan dalam jenis – jenis tertentu.

Indonesia memiliki beberapa jenis ayam yang ternyata harganya cukup mahal dan bisa bikin kamu geleng – geleng kepala.

Beberapa jenis ayam yang dijual dengan harga mahal sampai puluhan juta tapi bisa bikin para peternak ayam mau membelinya terutama bagi mereka yang suka mengoleksi ayam – ayam unik.

Dan kali ini ada beberapa jenis ayam yang harganya terkenal mahal. Seperti yang dilansir dari otonomi.co.id, inilah dia diantaranya :

1. Ayam Cemani

Jenis Ayam Asli Indonesia

Ayam Cemani merupakan salah satu jenis ayam asli Indonesia yang harganya mencapai Rp40 juta per ekornya.

Harga yang mahal ini dikarenakan ayam cemani punya keunikan yaitu warnanya yang hitam legam berada di sekujur tubuhnya. Bahkan bola mata hingga dagingnya pun berwarna hitam.

Ayam Cemani berasal dari Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Ayam ini bukan hanya digemari masyarakat Indonesia, namu seorang peternak asal Amerika Serikat (AS) banyak yang memesan ayam jenis ini.

2. Ayam Ketawa

22

Ayam ketawa juga salah satu jenis ayam yang mahal harganya yakni dibanderol dengan harga Rp40 juta.

Terlihat dari namanya jika ayam ini punya keunikan  yakni suara kokok yang mirip dengan suara ketawa manusia. \Mitosnya ,ayam ini dipercaya membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya.

Dulu ayam ini pertama kali dikembangbiakan oleh bangsawan di Kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam Ketawa merupakan simbol status sosial dan budaya bangsawan yang melambangkan keberanian, pantang menyerah dan kesuksesan.

3. Ayam Pelung

Jenis Ayam Asli Indonesia yang Harganya Selangit

Ayam pelung pertama kali ditemukan oleh seorang warga asal Desa Bunikasih Kecamatan Warungkondang, Cianjur pada 1850. Anak ayam ini ditemukan di halam kebunnya. Hebatnya ayam ini tumbuh pesat dan gagah.

Nama pelung diambil dari bahasa Sunda Mawelung atau Melung yang artinya melengkung sesuai dengan bunyi kokok unggas yang ditaksir seharga Rp20 juta ini.

4. Ayam Kukuak Balenggek

Jenis Ayam Asli Indonesia yang Harganya Selangit

Ayam kukuak balenggek adalah salah satu jenis ayam yang punya kokokan terbaik. Ayam asal Sumatera Barat (Sumbar) ini memiliki irama kokok bertingkat mulai dari 3-19 lenggek. Kokok ayamnya pun terdiri dari 6-15 suku kata tergantung faktor genetik dan pelatihan yang diterimanya.

Ayam Kukuak Balenggek ditaksir seharga Rp20-Rp40 juta per ekornya.

Nah, itulah dia keempat jenis ayam yang harganya selangit. Perlu mikir dua kali ya guys buat ngeluarin kantong segitu banyak demi beli ayam 😀