5 Penembak Jitu Paling Melegenda di Dunia Salah Satunya Ternyata Anggota TNI

Inafeed.com – Tahukah kamu jika dari sekian banyak penembak jitu di dunia ini ternyata salah satunya berasal dari anggota TNI.

Dari sejumlah data yang ada , anggota TNI AD Indonesia masuk kedalam daftar legenda penembak jitu Sniper terbaik di dunia. Penembak jitu adalah istilah yang dipakai pada bidang militer.

Mau tahu siapa saja mereka ?  Seperti yang dilansir dari indosejati.com, inilah dia diantaranya :

1. Simo Hayha (Finlandia)

1

Salah satu sineper dari TNI AD yang melegenda salah satunya adalah Simo Hayha yang dijuluki sebagai “White Death” (Kematian Putih) oleh tentara Soviet. Simo Hayha adalah seorang petani dan pemburu yang telah melewati masa wajib militer 1 tahunnya. Ketika Uni Soviet menyerang Finlandia tahun 1939 dalam Perang Musim Dingin, ia memutuskan untuk membantu Finlandia.

2. Lyudmila Pavlichenko (Rusia)

2

Lyudmila Pavlichenko juga merupakan salah satu penembak jitu yang melegenda. Bahkan kehebatan menembaknya selama ini sudah membuat dirinya bisa membunuh 309 korban jiwa. Selama ini , Pavlichenko memegang rekor untuk jumlah tertinggi korban yang dibunuh oleh sniper wanita.

3. Francis Pegahmagabow (Kanada)

3

Francis Pegahmagabow ini juga merupakan salah satu pria yang masuk dalam penembak jitu terbaik di dunia. Pria ini 3 kali diberikan medali militer, dan dua kali terluka serius. Francis Pegahmagabow adalah ahli intai dan penembak jitu, dengan korbannya sekitar 378 orang, dan juga mampu menangkap 300 orang lebih.

4. Carlos Hathcock (Amerika Serikat)

4

Carlos Hathcock ini juga termasuk penembak jitu terbaik di dunia. Selama ini , Carlos berperan besar dalam kemenangan Amerika saat perang melawan Vietnam. Carlos spesialis penembak jitu di hutan dan telah membunuh sekitar 93 orang. Pemerintah Vietnam saat itu menghargai kepala Hathcock dengan harga Rp 300 juta.

5. Tatang Koswara (Indonesia)

5

Dan penembak jitu yang terakhir yang ternyata merupakan angkatan TNI AD yaitu Tatang Koswara. Selama empat kali masuk ke medan perang, Tatang Koswara pernah mengatakan, pelurunya telah membunuh 80 orang. Bahkan, dalam aksi pertamanya, dari 50 peluru, 49 peluru berhasil menghujam musuh. Dalam buku Sniper Training, Techniques and Weapons karya Peter Brookesmith terbitan 2000, nama Tatang masuk dalam daftar 14 besar Sniper’s Roll of Honour di dunia. Dalam catatan tersebut ia mencetak rekor 41 di bawah Philip G Morgan (5 TH SFG (A) MACV-SOG) dengan rekor 53, dan Tom Ferran (USMC) dengan rekor 41. Tatang memperoleh rekor tersebut dalam perang di Timor Timur pada 1977-1978.

Nah, itulah dia kelima penembak jitu paling melegenda di dunia.

Lihat juga : 5 Hal Tentang Sniper Indonesia yang Ditakuti Dunia