Diera Perang Dingin, 5 Senjata ini Sangat Ditakuti dan Mematikan, Sudah Banyak Memakan Korban Jiwa

Inafeed.com – Perang militer yang sepertinya tak ada henti ternyata membuat kemajuan senjata – senjata canggih terus di ciptakan.

Sejauh ini ada beberapa senjata paling mematikan yang dirancang dan diterjunkan oleh kedua negara yang untungnya tidak pernah digunakan dalam pertempuran.

Baca juga : Bom Untuk Pesawat Tempur Buatan Indonesia ini Daya Ledaknya Seluas Lapangan Bola

Bahkan sejak perang , ada beberapa senjata yang sangat ditakuti karena punya kekuatan yang mematikan hingga tercatat sudah banyak memakan korban jiwa.

Mau tahu seperti apa senjata mematikan itu ?

Seperti yang dilansir dari forum.viva.co.id, inilah dia diantaranya :

1. AK-47

11

Salah satu senjata perang paling mematikan yakni AK-47. Senapan serbu kedua negara yang paling mematikan diterjunkan oleh kedua belah pihak jika terjadi perang.

Senjata AK-47 yang diberikan kepada negara-negara sekutu dalam jutaan, Uni Soviet memiliki AK-47 dan Amerika menggunakan M-16. AK-47, dikembangkan oleh personel tank yang beralih jadi pengembang senjata kecil Mikhail Kalashnikov saat ia pulih dari cedera Perang Dunia II. Dia membangun senapan serbu kompak dan tangguh dengan desain sepenuhnya otomatis. Sebuah magazine 30 putaran adalah langkah besar dari magazine lima putaran yang digunakan Moisin-Nagant, senapan yang ada sebelumnya.

2. Tank T-55

22

Tank juga merupakan senjata perang dingin paling mematikan . Senjata ini diekspor pada era Perang Dingin yang digunakan untuk menggantikan tank legendaris T-34 (atau T-85) sebagai andalan korps lapis baja Soviet.

T-55 telah bertugas di berbagai konflik intensitas tinggi, khususnya perang Arab-Israel 1967-1982, dan dengan kekuatan mekanik Angola dan Kuba di Afrika Barat Daya. Tank ini juga digunakan oleh Tentara Vietnam Utara melawan pasukan Vietnam Selatan dan membawa bendera komunis menang dalam serangan ke Saigon pada tahun 1975.

3. F-4 Phantom II

33

F-4 Phantom II adalah pesawat yang dirancang untuk melayani Angkatan Udara AS dan AS Angkatan Laut. Sebuah pesawat besar, dua kursi, pesawat mesin kembar, F-4 ini dirancang untuk mampu beroperasi malam dan siang hari di segala cuaca.

Pesawat ini juga dirancang dengan kemampuan membawa senjata berat dan bahan bakar besar. Pesawat bisa membawa total 16.000 pound bahan bakar, bom dan rudal.

F-4 diproduksi oleh McDonnell Douglas, F-4 digunakan secara luas oleh kedua layanan dalam Perang Vietnam sebagai pesawat tempur superioritas udara, jet serangan darat, dan bomber taktis. Ini juga digunakan oleh Israel dan Iran dalam pertempuran di Timur Tengah.

F-4 dibeli oleh sekutu Amerika paling penting, termasuk Inggris, Jerman Barat, Israel, Australia, Turki, Yunani, Spanyol, Mesir dan Korea Selatan dan masih digunakan di Jepang. Total jumlah membunuh F-4 selama karier 50 tahun adalah menembak jatuh sekitar 280 pesawat musuh.

4. SS-18 “Satan”

44

Salah satu senjata perang dingin paling mematikan yakni Rudal SS-18 . Senjata ini sejenis rudal balistik antarbenua milik Soviet yang berbahan bakar cair, SS-18 memiliki jangkauan 9.400 mil, sehingga mampu menghantam setiap lokasi di Amerika Serikat.

SS-18 membawa hulu ledak tunggal yang besar dengan hasil ledakan 18-25 megaton, atau 18-25 juta ton TNT.

Sebagai perbandingan, bom yang dijatuhkan di Hiroshima yang menewaskan sekitar 135.000 orang adalah sekitar 18.000 ton TNT.

5. USS George Washington

55

Dan senjata perang dingin yang juga mematikan dan paling ditakuti yakni USS George Washington yang pada dasarnya merupakan kapal selam rudal balistik . Kelas George Washington bertenaga nuklir hingga tidak memiliki batas waktu untuk berendam dan merayap di bawah air untuk mendekat ke Uni Soviet dan kemudian melepaskan total 9,6 megaton senjata atom.

Nah, itulah dia kelima senjata paling ditakuti dan mematikan di era perang dingin.