7 Hal ini Perlu Kamu Perhatikan, Biar Gak Nyesal Kemudian Hari Saat Membeli Rumah

Inafeed.com – Setiap pasangan pada umumnya punya impian untuk membeli rumah. Namun terkadang sebelum membeli rumah , ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan biar gak nyesel belakangan.

Beberapa hal ini perlu kamu lakukan demi bisa merasakan hasil yang memuaskan setelah membeli rumah.

Dan seperti yang dilansir dari idntimes.com, inilah dia diantaranya :

1. Tahan nafsu membeli ketika melihat rumah berharga murah. Kamu perlu cek alasannya di balik itu!

1

Ketika kamu membeli rumah kamu harus pertimbangkan harga dan kualitas rumah. Ada rumah yang dijual murah tapi ternyata ada hal lain di dalam rumah itu misalnya perabotan pada rusak atau rumah itu sedang bermasalah (bersengketa). Sebelum kamu membelinya , kamu harus cek lebih detail lagi.

2. Ketika mengecek rumah, mintalah pemilik menunjukan kelengkapan surat.

2

Ketika kamu membeli rumah , kamu harus meminta kepada pemilik untuk menunjukan kelengkapan surat misalnya akte tanah, pajak bumi dan bangunan, serta sebagainya.

3. Periksa bangunan atau tanah sampai pada sudut-sudut yang tak terlihat

3

Sebelum membeli rumah kamu perlu memeriksa bangunan tanah sampai sudut – sudut tak terlihat untuk memastikan jika rumah itu benar – benar baik digunakan.

4. Bila datang mengecek rumah, jangan cuma sekali saja. Lakukan antara dua sampai tiga kali.

4

Pengecekan bisa dilakukan antara dua sampai tiga kali. Semisal pengecekan pertama sewaktu pagi di hari Senin. Pengecekan selanjutnya dilakukan kala siang hari Jumat. Lalu yang terakhir adalah malam di hari Sabtu. Dengan demikian kita bisa melihat kondisi properti di waktu yang berbeda.

5. Selain itu, kamu juga tak boleh lupa untuk mengecek keadaan di sekitar batas tepi rumah.

5

Selain mengecek fasilitas dalam rumah , kamu juga perlu mengecek keadaan di sekitar batas rumah. Batas tepi yang terlalu berhimpitan dengan rumah tetangga juga tidak baik karena bisa menimbulkan perselisihan.

6. Amati juga seperti apa kondisi lingkungan di sekitar rumah yang ingin kamu beli?

6

Ada empat tipe lingkungan di sekitar rumah; komersial, perumahan, industri, dan pertanian. Lingkungan komersial ditandai dengan banyaknya toko, otomatis ramai kegiatan jual beli. Perumahan ditandai dengan pembagian blok rumah, yang mana situasinya terbiasa sepi di siang hari karena ditinggal bekerja.

7. Bila hendak membeli rumah, apakah disain rumah tersebut sesuai dengan selera kamu?

7

Ingat bahwa rumah adalah investasi jangka panjang. Kalau tidak cocok dengan selera, bakal membuatmu tersiksa tinggal di dalamnya. Maka dari itu pilihlah dengan seksama.

Nah, itulah dia ketujuh hal yang perlu kamu perhatikan ketika membeli rumah.

iklan