Anak Kamu Lambat Berbicara, Kemungkinan 8 Hal ini Jadi Penyebabnya, Para Orang Tua Wajib Tahu

cara-mengatasi-anak-yang-lambat-bicara

Inafeed.com – Setiap bunda pasti selalu memperhatikan perkembangan buah hatinya. Perkembangan buah hati dari usia nol sampai beranjak dewasa akan terus dirasakan oleh bunda . Tapi kadang ada beberapa kecemsan di dalam diri bunda ketika buah hatinya belum bisa berbicara walaupun telah sampai batas umur.

iklan

Ada banyak hal yang perlu bunda perhatikan ketika buah hati belum bisa berbicara. Seperti yang dilansir dari umi.online.com, inilah dia diantaranya :

1. Kurang stimulasi dari orang tua

Salah satu penyebab bayi lambat berbicara yakni kurangnya stimulasi dari orangtua. Di usia yang masih dini , para orangtua harus pintar – pintar mengajak buah hatinya bernyanyi, atau mengulang-ulang beberapa kata dan metode lain agar anak aktif dan tak terhambat proses bicaranya.

2. Masalah Oral-Moto

Anak terlambat bicara bisa disebabkan karena kelainan pada mulut anak (oral motor), seperti gangguan langit-langit mulut serta lidah terlalu pendek yang berbuntut pada terhambatnya gerakan lidah untuk menghasilkan kata.

3. Gangguan Pendengaran

Keterlambatan buah hati untuk bebricara juga bisa disebabkan akibat gangguan pendengaran. Menurut ahli patologis mengatakan gangguan pendengan menjadi salah satu faktor yang bisa membuat anak lambat berbicara.

4. Gangguan Pengolahan Auditori

.Gangguan pengolahan auditori adalah sebuah gangguan yang menyebabkan anak sulit memahami apa yang ia dengar sehingga sulit untuk mengolah kata – kata yang akan diucapkan.

5. Gangguan neurologis

Gangguan neurologis pada anak dapat menjadi salah satu penyebab lambat bicara. Gangguan neurologis seperti cerebral palsy, distrofi otot, maupun cedera otak dapat mempengaruhi otot-otot yang menyebabkan buah hati kesulitan berbicara.

6. Pilihan Mainan yang Tepat

Memanjakan anak terus – terusan bermain gadget juga bisa berdampak kesulitan anak untuk berbicara. Alih-alih memberikan gadget agar praktis membuat anak anteng tapi memiliki dampak buruk pada keterlambatan komunikasi.

7. Respon Orang Tua Terlalu Cepat

Respon orangtua yang terlalu cepat juga bisa membuat buah hati lambat berbicara. Latih lah anak untuk mengatakan sesuatu yang dia ingin baru orangtua merespon agar si buah hati dapat berlatih mengungkapkan keinginannya.

8. Autisme

Dan salah satu penyebab anak lambat sekali berbicara juga bisa disebabkan akibat kelainan seperti autisme. Kelainan ini faktor paling utama yang mempengaruhi anak lambat berbicara.

Jadi ketika buah hati kamu lambat berbicara sebaiknya periksakan ke dokter spesialis agar mendapatkan dukungan terapi yang lebih baik.

 

iklan
iklan