4 Penyakit yang Katanya Kiriman Dukun ini Ternyata Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

Inafeed.com – Tahukah kamu jika penyakit yang serig di derita manusia itu tak hanya bisa datang dari penyebaran virus dan bakteri tetapi juga ada penyakit yang katanya kiriman dukun.

Penyakit kiriman dukun ini bisa terjadi dengan tanda – tanda yang cukup aneh. Namun dari segi medis , penyakit aneh yang katanya kiriman dukun itu punya makna tersendiri dan telah terdaftar dalam penyakit medis karena bisa dijelaskan secara ilmiah.

Mau tahu apa saja sih penyakit yang katanya kiriman dukun itu ?

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Epilepsi

Salah satu penyakit yang katanya kiriman dukun yakni penyakit epilepsi.  Penyakit ini pada dasarnya bisa dijelaskan secara ilmiah dimana seseorang penderita epilepsi akan mengalami gangguan neurologis yang membuat penderitanya mengalami kejang dan gangguan otak.

Menurut Epilepsy Foundation, diperkirakan ada 65 juta penderita epilepsi di seluruh dunia.

“Selama kejang terjadi, seseorang bisa menjadi bingung dan kemudian pingsan. Mereka jadi tidak memiliki kontrol atas diri mereka sendiri,” tulis penelitian ini.

Dikutip dari tulisan dalam The Malleus Maleficarum disebutkan bahwa penyakit epilepsi zaman dahulu diidentikkan dengan kiriman penyihir. Padahal epilepsi sebenarnya adalah gangguan di sistem syaraf otak manusia yang terjadi akibat aktivitas berlebihan di sekelompok sel neuron.

2. Penyakit mental

Penyakit yang sejak dulu dikira sebagai kiriman dukun atau penyihir yakni penyakit mental yang bisa membuat penderita lupa diri.  Menurut jurnal yang dipublikasikan di National Institutes of Health disebutkan bahwa pada zaman dahulu dibutuhkan tindakan pengusiran roh jahat dalam tubuh orang yang menderita penyakit mental.

Namun dalam penelitian ilmiah, penyakit mental ini bisa terjadi ketika seseorang mengalami gangguan identitas disosiatif dapat menyebabkan perubahan emosional dan perilaku seseorang.

3. Keracunan Jamur Ergot

Banyak orang jaman dahulu mengira jika seseorang yang keracunan jamur ergot ini merupakan sosok yang sedang dibuat dukun untuk sakit.

Pada dasarnya , jamur ergot adalah jamur yang memang mengandung racun berbahaya yang jika dikonsumsi membuat penderitanya mengalami gangguan yang menyerupai orang terkena epilepsi atau penyakit mental seperti kejang otot, muntah, delusi, halusinasi, dan gangguan di kulit.

Makanya mereka yang memakan jamur ergot bisa mengalami kondisi yang aneh dan ini bukan karena sihir melainkan reaksi racun di dalam jamur tersebut.

4. Encephalitis lethargica

Dan salah satu penyakit yang dianggap sebagai kiriman dukun yakni penyakit Encephalitis lethargica.

Menurut penelitian di jurnal National Institute of Neurological Disorders and Stroke mengatakan jika penyebab penyakit ini sendiri masih belum diketahui namun bisa menimbulkan gangguan peradangan yang parah di otak, demam tinggi, sakit kepala, penglihatan ganda, lambatnya respon fisik dan mental, serta kelesuan. Bahkan jika ditangani dengan tidak tepat akan menyebabkan pergerakan mata abnormal, kelemahan tubuh bagian atas, nyeri otot, leher kaku, serta perubahan perilaku termasuk psikosis.

Nah, itulah dia penyakit yang dianggap sebagai kiriman dukun padahal bisa dijelaskan secara ilmiah.

iklan