Ngeri! 5 Negara ini Punya Ladang Ranjau Yang Sangat Mematikan

Inafeed.com – Tahukah kamu apa itu ranjau ?

iklan

Pada dasarnya , ranjau merupakan alat yang diyakini punya kehebatan selama perang yang biasanya sangat sulit untuk dikalahkan karena ditempatkan khusus untuk membatasi kemampuan musuh manuver.

Namun seiring berjalannya waktu banyak negara yang melarang penggunaan ranjau karena dianggap bisa menimbulkan bahaya permanen bagi warga sipil yang harus hidup dan bekerja di dekat bekas zona konflik.

Walaupun begitu , sejauh ini ada banyak negara yang sudah memiliki ladang ranjau dengan kehebatan sangat mematikan.

Seperti yang dilansir dari viva.co.id, inilah dia diantaranya :

1. Afghanistan

Salah satu negara yang punya ladang ranjau yakni Afganistan. Setelah puluhan tahun perang, Afghanistan memiliki ladang ribuan ranjau dan bom terbesar di dunia. Ranjau yang dimiliki Afganistan benar Рbenar sangat mematikan bahkan sejauh ini ranjau  mereka telah memakan korban sebanyak 383 orang tewas dan 665 luka-luka hingga 2013.

2. Irak

Irak juga merupakan negara dengan ladang ranjau paling mematikan di dunia. Sejak tahun 2014, ranjau di Irak ini berjumlah ribuan apalagi saat berkecamuk dengan ISIS.

3. Bosnia and Herzegovina

Negara dengan ladang ranjau terbanyak dan mematikan juga dimiliki oleh Bosnia dan Herzegovina. Negara ini punya ladang ranjau seluas 1.216 kilometer persegi telah terkontaminasi dengan ranjau yang sebagian besar ditanam pada 1992-1995 ketika pecahnya Yugoslavia.

4. Kamboja

Negara dengan ladang ranjau mematikan juga di duduki  oleh negara kamboja. Negara ini memiliki konsentrasi ranjau cukup padat terutama ranjau K5 di perbatasan dengan Thailand.

Sejauh ini ranjau milik Kamboja berhasil menewaskan 22 orang tewas dan 89 terluka pada 2013.

5. Turki

Dan negara dengan ladang ranjau terluas dan mematikan yakni di duduki oleh negara Turki. Pasukan Turki meletakkan banyak ranjau ketika konflik dari tahun 1970 hingga 1990-an. Saat ini diperkirakan ada satu juta ranjau di perbatasan dengan Suriah seiring berkecamuknya dengan ISIS.

Nah, itulah dia kelima negara dengan ladang ranjau terbanyak dan mematikan di dunia.

iklan
iklan