Ini Alasan Kenapa Pria Harus Sholat Shubuh di Masjid

Inafeed.com – Seorang pria ditakdirkan untuk menjadi imam bagi keluarganya. Itulah sebabnya jika pria musim harus taat beribadah agar bisa menjadi panutan istri dan anak – anaknya.

iklan

Dan tahukah kamu jika sebenarnya seorang pria punya alasan untuk sholat subuh di masjid. Kewajiban solat memang bisa dilakukan di mana saja yang penting dijalankan dengan niat. Tapi alangkah lebih baiknya jika pria menjalankan solat subuh di masjid.

Ada banyak pahala yang akan ia raih seorang pria ketika menjalankan solat subuh di masjid. Seperti yang dilansir dari dream.co.id, inilah dia diantaranya :

1. Mendapatkan Ganjaran Shalat Malam Sepanjang Waktu

Pria yang mau menjalankan solat subuh di masjid ini akan terbebas dari ganjaran shalat malam sepanjang waktu. Sholat isya dan solat subuh menjadi salah satu waktu solat yang penuh dengan tantangan bahkan banyak orang yang malas untuk melakukannya.

” Barangsiapa yang melakukan sholat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan sholat setengah malam. Barangsiapa yang melakukan sholat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan sholat malam sepanjang waktu malam itu,” (HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu).

2. Dibebaskan dari Sifat Orang Munafik

Pria yang mau menjalankan solat subuh di masjid ini akan dibebaskan dari sifat orang munafik. Pria yang mau solat subuh di masjid ini punya kesadaran untuk mendirikan sholat Subuh dan Isya berjamaah.

” Tidak ada sholat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada sholat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (sholat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang tidak keluar melaksanakan sholat (di masjid),” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah).

3. Akan Mendapat Cahaya Terang pada Hari Kiamat

Pria yang mau menjalankan solat subuh di masjid akan mendapat cahaya terang pada hari kiamat. Shalat shubuh yang dilaksanakan pada pagi buta memang menjadi ujian tersendiri. Dan jika pria mampu melawan rasa malas dan melaksanakan solat subuh maka Allah akan memberikan cahaya yang sempurna bagi kita yang melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid.

Dari Buraidah al-Aslami Radhiyallahu Anhu dari Nabi ﷺ bersabda, “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat,” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

4. Berpeluang Mendapatkan Pahala Haji atau Umrah Bila Berzikir Hingga Terbitnya Matahari

Pria yang mau menjalankan solat subuh di masjid maka akan memiliki peluang untuk mendapatkan pahala haji atau umrah.

Allah akan memberikan pahala setara dengan umrah dan haji untuk kita yang rutin berdoa dan melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid.

“Barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna,” (HR. Tirmidzi). []

Jadi , buat para pria yang ingin mendapatkan semua pahala di atas , tekunlah untuk menjalankan solat subuh.

Lihat juga : 6 Bahaya Jika Kamu tidur Lagi Setelah Solat Subuh

iklan
iklan