Ini Nih 10 Bahaya Jika Kamu Banyak Makan Mie Instan

hk

Situshiburan.com – Mie instan merupakan salah satu makanan cepat saji yang paling banyak disukai oleh orang-orang. Terutama orang-orang Indonesia yang kini menjadikan mie instan sebagai lauk yang dikonsumsi bersama dengan nasi.

Padahal ada banyak bahaya mengancam yang mereka tidak tahu dari mengonsumsi mie instan beserta dengan nasi.

Mie instan yang terkenal sebagai makanan mengenyangkan yang praktis dan murah ini menjadi makanan favorite di semua kalangan usia.

Sebelum terlambat baiknya kamu menyadari terlebih dahulu tentang bahaya mengonsumsi mie instan. Nah, berikut ini ada 10 bahaya jika kamu banyak mengonsumsi mie instan, seperti yang dikutip dari pulsk.com

1. Penyerapan gizi

Anak-anak dibawah usia 5 tahun sebaiknya jangan diberi makan mie instan. Karena hal itu hanya akan membuat tubuh sang anak menjadi mengalami gangguan penyerapan nutrisi. Tubuh mereka akan kesulitan menyerap nutrisi saat mereka makan makanan yang sehat.

2. Kanker

Mie instan juga bisa menyebabkan kanker karena mengandung Styrofoam atau polystyrene. Bahan tersebut memang sering digunakan dalam makanan cepat saji, salah satunya adalah mie instan.

3. Keguguran

Bagi ibu hamil, jangan sekali-sekali mengonsumsi mie instan karena mie instan dapat menyebabkan keguguran. Mie instan ini sangat mempengaruhi perkembangan bayi.

4. Metabolisme

Mengonsumsi mie instan dalam jangka waktu panjang bisa mempengaruhi metabolisme tubuh. Karena zat-zat kimia beracun didalam mie instan yang menjadi penyebabnya.

5. Propylene glycol

Propylene glycol merupakan kandungan mie instan yang paling mudah diserap oleh tubuh. Propylene glycol dalam mie instan sebagai bahan anti-beku yang mencegah mi dari pengeringan dengan mempertahankan kelembapan.Jika zat ini diserap oleh tubuh, maka akan dapat mengakibatkan kerusakan organ tubuh seperti jantung, hati dan ginjal, serta dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

6. Pencernaan

Sistem pencernaan juga bisa terganggu jika sering mengonsumsi mie instan. Mie instan ini dapat menyebabkan kembung, sembelit dan gerakan usus yang tidak teratur.

7. Obesitas

Mie instan juga bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan karena mie instan banyak mengandung lemak dan natrium yang menyebabkan retensi air dalam tubuh.

8. MSG

Tahukah kamu bahwa mie instan juga mengandung MSG yang kebanyakan manusia alergi terhadap Monosodium glutamat (MSG) ini. Biasanya alergi terhadap MSG ini menimbulkan kemerahan pada wajah, rasa terbakar pada dada, dan masih banyak lagi.

9. Natrium

Mie instan juga mengandung banyak natrium. Jika  terlalu banyak mengonsumsi natrium dapat menyebabkan hipertensi penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal.

10. Junk food

Mie instan dianggap sebagai junk food karena mengandung banyak karbohidrat namun tidak mengandung vitamin, mineral dan serat. Selain itu mie instan juga banyak mengandung lemak trans, dan lemak jenuh.

Itulah dia ke sepuluh bahaya mie instan yang perlu kamu ketahui.