Suka Main Facebook Kamu Perlu Hati Hati dengan 5 Modus Penipuan ini Jika kamu Gak Mau Ditipu

facebook

Situshiburan.com – Facebook menjadi salah satu media sosial yang bisa membuat pengguna akun berinteraksi dengan teman baru dan saling mencari kenalan. Tak hanya untuk saling berbagi keluh kesah , facebook saat ini juga banyak dijadikan sebagai peluang bisnis. Akan tetapi, semakin banyaknya pengguna facebook untuk mencari peluang bisnis, juga banyak sekali terjadi kasus penipuan. Itulah kenapa jika seorang pengguna Facebook harus berhati – hati dengan sejumlah modus penipuan yang sering terjadi di Facebook.

Dan agar kamu lebih bisa mengantisipasi dan supaya kamu tidak kena tipu oleh natizen lainnya. Seperti yang dilansir dari Klikseru.com, inilah dia 5 modus penipuan yang harus kamu ketahui jika kamu gak mau ditipu.

1. Pancing rasa penasaran

Salah satu modus penipuan yang ada di Facebook jika kamu tidak mau kena tipu yakni ketika salah satu natizen terus – terus memancing rasa penasaran kamu dengan memberikan iming – iming sejumlah informasi baru . Misalnya dengan memberikan sebuah tawaran terkait simbol – simbol baru dimana simbol tersebut pada dasarnya memiliki susuatu yang berbahaya bila natizen mengklik tombol tersebut. Bisa jadi tombol tersebut adalah sebuah virus yang bisa membuat perangkat kamu rusak.

2. Hadiah wah

Banyak sekali promosi – promosi yang ada di akun jejaring Facebook dengan memberikan sejumlah hadiah wah agar pengguna lebih tertarik untuk membeli sebuah produk yang ditawarkannya. Namun, bila kamu tidak kenal siapa pemegang akun tersebut , sebaiknya jangan kepancing dengan hadiah yang wah itu. Sebab , bisa saja kamu akan menjadi korban penipuan hingga membuat kamu mengalami sejumlah kerugian.

3. Konten palsu

Sosial media Facebook baru – baru ini sering menyebarluaskan sejumlah konten terbaru seperti video – video menari. Namun perlu hati – hati, sebab video tersebut bisa dijadikan sebagai modus penipuan yang bisa menyesatkan kamu.

4. Pura-pura berteman

Salah satu modus penipuan yang sering terjadi di Facebook dan kamu perlu hati – hati yakni biasa dilakukan oleh tangan hacker. Kebanyakan hacker berhasil membobol akun seseorang yang kamu kenali. Dengan cara tersebut ,  hacker biasanya meminta sejumlah bantuan kepada kamu , kamu yang tidak tahu siapa sebenarnya yang pegang akun tersebut pun kemudian percaya . Ketika peristiwa ini terjadi sebaiknya kamu lebih mendetail interaksi bisa via telepon atau ketemuan langsung dengan si pemilik akun. Tetapi bila pemilik akun tidak mengetahui soal itu, itu tandanya kamu hampir terjebak kasus penipuan.

5. Facebook permium

Salah satu modus penipuan yang sering terjadi di Facebook yakni dengan menggunakan Facebook Premium. Modus ini biasanya melayangkan sejumlah ancaman dimana pengguna akun harus membayar sejumlah uang tunai , jika tidak maka akun akan di tutup dan tidak bisa digunakan lagi. Biasanya modus seperti ini akan dipercaya bagi pengguna akun yang benar – benar menjadikan akun facebook tersebut sebagai sosial media paling penting terutama bagi pemilik akun bisnis yang telah banyak memiliki pelanggan.

Nah, itulah dia kelima modus penipuan di Facebook yang perlu di waspadai agar kamu tidak kena tipu.