Vitamin A Memang Sehat, Tapi Jika kebanyakan Juga bisa sangat Berbahaya

vit a

Situshiburan.com – Mengkonsumsi segala sesuatu yang berlebihan memanglah tidak baik untuk kesehatan tubuh. Seperti jika kita mengkonsumsi Vitamin A secara berlebihan ini diketahui bisa menyebabkan masalah serius pada kesehatan tubuh kita.

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat baik untuk mendukung kesehatan mata. Vitamin A biasa terdapat dalam kandungan wortel yang bila dikonsumsi sangat baik untuk mencegah mata rabun. Namun yag perlu diketahui bila mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan itu sangatlah berbahaya.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan ini dapat menyebabkan masalah yang fatal . Diketahui ketika kamu mengonsumsi lebih dari 6.660 IU vitamin A per hari – dari makanan atau suplemen (rekomendasi harian untuk wanita dewasa adalah 2.310 IU) – memiliki dua kali risiko patah tulang pinggul dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi vitamin A 1.700 IU per hari atau kurang.

Tak hanya itu saja, jika kamu mengkonsumsi Vitamin A secara berlebihan ini juga bisa mengakibatkan penyakit serius lainnya seperti :

1. Cacat lahir
2. Kelainan hati
3. Gangguan sistem saraf pusat
4. Berkurangnya kepadatan mineral tulang, yang dapat meningkatkan risiko osteoporosis
5. Mengganggu metabolisme tulang
6. Mengganggu peran vitamin D dalam penyerapan kalsium

Nah, untuk itu disarankan jika kamu ingin memenuhi kebutuhan vitamin A pada tubuh kamu , sebaiknya mengkonsumsi dalam batasan yang dianjurkan. Vitamin A ini bisa diperoleh dari sejumlah makanan seperti buah-buahan, sayuran, telur, susu, mentega, margarin yang difortifikasi, daging, dan ikan laut.

Jika kamu mengkonsumsi vitamin A sesuai dengan takaran yang baik maka kamu juga akan memperoleh manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kamu . Pada dasarnya vitamin A ini sangat bermanfaat untuk mengurangi komplikasi penyakit seperti malaria, HIV, campak, diare pada anak-anak dan meningkatkan sperma pria.

Jadi mulai sekarang konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu.