7 Mitos Mengerikan Hewan Hewan Berwarna Hitam

Inafeed.com – Warna hitam melambangkan sisi kegelapan yang mayoritas dianggap sebagai hal – hal yang mengerikan.

Seperti sejumlah hewan yang berwarna gelap yang dianggap lebih ganas dan lebih sadis. Bahkan pada sejumlah mitos , hewan berwarna gelap dikaitkan dengan hal – hal yang berbau mistis.

Beberapa mitos mengerikan tentang hewan berwarna hitam ini bersumber dari seluruh penjuru dunia yang dipercaya berkat cerita – cerita tradisional.

Dan kali ini ada beberapa mitos mengerikan hewan – hewan berwarna hitam.

1. Mitos Gagak Hitam

Salah satu hewan berwarna hitam yang dianggap punya mitos mistik yakni gagak hitam. Burung Gagak sering dikaitkan dengan sesuatu hal yang buruk, dan secara leluhur jawa gagak simbolis misterius.

Konon katanya , burung Gagak dianggap suatu pertanda akan ada kesulitan yang akan muncul. Kehadiran Gagak Hitam bisa juga diartikan sebagai sang penjemput ajal. Apabila Burung Gagak berputar-putar di atas rumah, konon akan ada penghuni rumah yang segera meninggal.

Dan kedatangan Gagak di perkampungan atau sekitar perumahan merupakan suatu tanda bahwa di tempat itu akan ada makhluk yang jadi bangkai atau sang burung penanda akan ada orang meninggal disekitar tempat yang dijamu burung gagak dengan celoteh dan jeritan yang haus akan makanan berupa mayat.

Menurut kepercayaan Orang Jawa, jika ada orang yang sedang sakit lalu terdengar suara burung Gagak Hitam, maka itu adalah sebuah pertanda bahwa orang yang sakit akan segera mati.

Kepercayaan aneh – aneh tentang gagak hitam ini memang sering membuat orang ketakutan sendiri. Itulah sebabnya jika ada gagak hitam mereka segera meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dijauhkan dari marabahaya.

2. Mitos Kucing Hitam

Kucing hitam juga dianggap sebagai salah satu hewan yang punya sejumlah mitos mengerikan. Kucing hitam di percaya menjadi salah satu pertanda datangnya sosok hantu disekitar kamu.

Kepercayaan kucing hitam sebagai pertandanya adanya mahluk halus ini sudah dipercaya sejak jaman Babylonia kuno. Kala itu kucing hitam dipersembahkan dalam upacara ritual untuk dibakar bersama sesaji lainnya. Awalnya, mitos ini muncul karena ada seekor kucing hitam yang tidur di tengah-tengah seekor ular dengan pulasnya, padahal kala itu ular merupakan lambang dari kejahatan. Sementara kepercayaan lain yang mengatakan bahwa kucing hitam ini adalah salah satu penyamaran para penyihir jahat.

Dan tak hanya itu saja , kucing hitam diidentikkan dengan nasib sial. Banyak yang percaya bahwa ketika bertemu dengan kucing hitam di jalan, mereka akan segera mengalami kesialan. Tampaknya kepercayaan ini sangat mengakar, terutama bagi masyarakat Eropa.

Mitos paling banyak beredar di Indonesia tentang kucing hitam yakni jika ada kucing hitam yang melangkahi mayat, maka mayat tersebut akan segera bangkit dari kematian. Itulah kenapa jika ada keluarga yang meninggal dunia harus selalu di jaga agar tidak diloncati seekor kucing.

3. Mitos Ayam Hitam

Ayam hitam atau yang sering disebut Ayam Cemani ini juga dianggap sebagai salah satu sosok hewan yang dikaitkan dengan hal – hal mistis.  Ayam Cemani sering dijadikan tumbal dalam ritual tertentu seperti ruwatan, pelaris, pengobatan, tumbal bangunan serta ritual lainnya.

Sejak dulu, ayam Cemani dijadikan sebagai tumbal atau sesajen, sebab daging, tulang, serta darahnya yang berwarna hitam. Karena semua organ tubuhnya yang hitam, maka Ayam Cemani menjadi sangat digemari oleh bangsa jin, iblis, dedemit dan makhluk halus lainnya sebagai makanan kesukaan.

Dan tahukah kamu , pada dasarnya Ayam Cemani adalah ayam lokal asli milik Indonesia, yang asal-usul sejarahnya berakar dari Pulau Jawa. Usut punya usut, ternyata Cemani berasal dari bahasa jawa kuno yang bermakna hitam legam. Warna hitam yang menyelimuti seluruh tubuh ayam lokal ini mulai dari ujung jengger hingga ujung cakar kaki, sehingga membuat ayam tersebut biasa disebut Ayam Cemani. Ayam Cemani memiliki warna hitam yang sangat sempurna pada setiap bagian tubuhnya. Bahkan sampai warna daging, tulang dan darahnya semuanya juga berwarna hitam.

Dengan adanya kepercayaan – kepercayaan gaib , Ayam Cemani banyak dicari orang untuk persyaratan tumbal sebagai ritual penglaris, penggalian harta karun, mencari jodoh, pengobatan, ruwat bangunan, dan lain sebagainya.

4. Mitos Anjing Hitam

Sosok anjing hitam juga dianggap sebagai salah satu hewan yang memiliki mitos mengerikan.  Sosok anjing hitam ini pernah terlihat bergentayangan di wilayah Hanging Hill, Connecticut. Anjing hitam identik seperti srigala yang sedang merasakan adanya mahluk gaib di sekitar.

5. Mitos Laba-Laba Hitam

Laba-laba dianggap sebagai salah satu hewan yang juga memiliki cerita mistik. Salah satu kisah mistik tentang laba – laba hitam ini pernah dialami oleh seorang gadis bernama Arachne.

Arachne yang merupakan penenun paling hebat di Athena, Yunani ini punya sifat yang begitu sombong, dan, sangking sombongnya, dia menantang dewi Athena untuk duel menenun dengannya. Akan tetapi Arachne akhirnya kalah. Karena malu, dia memutuskan untuk bunuh diri dengan menggantung dirinya dengan tali. Karena Dewi Athena iba, dia menghidupkan kembali Arachne, namun tidak dalam wujud manusia, melainkan wujud hewan laba-laba. Sebagian masyarakat eropa percaya jika bertemu laba-laba di pagi hari, itu tanda akan ada dukacita dan keprihatinan.

6. Mitos Aye-Aye

Salah satu hewan berwarna hitam yakni Aye-aye . Binatang ini juga dianggap punya mitos yang mengerikan yang konon katanya dianggap sebagai pertanda kematian oleh masyarakat lokal di Madagaskar.

Bahkan yang lebih mengerikannya lagi , binatang aye – aye ini bisa menembus jantung manusia saat tidur.

Kepercayaan hal – hal mistis tentang hewan aye – aye ini banyak beredar di Madagaskar. Menurut legenda setempat, aye-aye yang memiliki mata gelap, jari-jari yang panjang dan penampilan menjijikkan, diperkirakan menyelinap ke rumah penduduk desa terdekat dan menggunakan jari tengah untuk menembus jantung manusia saat tidur. Sehingga takhayul tentang aye-aye berkembang karena ia tidak takut manusia. Bahkan ia akan berjalan ke arah pejalan kaki untuk melihat lebih dekat.

7. Mitos Macan Kumbang

Dan salah satu hewan berwarna hitam yang dikaitkan dengan hal – hal mistis yakni macan kumbang atau varian dari macan tutul (Panthera pardus). Macan Kumbang mengandung makna sebagai gambarvaan keberanian para penjaga atau prajurit negara.

Konon katanya , macan kumbang ini dikaitkan dengan jelmaan dari para prajurit kerajaan Pajajaran.

Nah, itulah dia ketujuh hewan berwarna hitam yang dianggap punya keterkaitan hal – hal mistis.

Lihat juga : 9 Mahluk Mistis ini Diduga Memang Ada di Dunia. Salah Satunya Naga dan Drakula

iklan