6 Mitos Salah Tentang Air Putih yang Terlanjur dipercayai

Inafeed.com Air putih menjadi salah satu air paling sehat untuk diminum karena benar – benar murni sehingga menunjang kesehatan tubuh lebih baik.

Tapi tahukah kamu jika ternyata selama ini beredar sejumlah mitos salah tentang air putih. Dan mirisnya , mitos – mitos ini sudag terlanjur dipercayai banyak orang sehingga memberikan nilai negatif pada air putih.

Baca juga : Jangan Dianggap Remeh ini Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Sebelum Tidur

Beberapa mitos salah ini ternyata telah dibuktikan tak ada kaitannya dengan air putih. Jika dipikirkan secara logika air putih ini adalah air yang benar – benar murni dan tak mungkin memiliki efek samping.

Dan kali ini ada beberapa mitos

1. Minum 8 gelas per hari

Ada beberapa anjuran sehat jika kita minum air putih itu minimal 8 gelas sehari.  Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa seseorang membutuhkan delapan gelas air putih sehari untuk kesehatan yang optimal. Dan yang benar yakni jumlah air yang kamu konsumsi itu dipengaruhi oleh usia, berat badan, suhu tubuh, tinggi, aktivitas, dan kehamilan.

2. Air adalah obat atau penawar racun bagi tubuh

Banyak orang percaya jika air putih merupakan salah satu minuman alami yang bisa dijadikan penawar racun.

Faktanya, air bukanlah penetral racun dalam tubuh. Yang berfungsi menyingkirkan racun adalah ginjal. Nah disini air putih berperan untuk membantu ginjal dalam pembuangan racun di dalam tubuh.

3. Minum air dingin bikin gemuk

Banyak orang yang menjauhi air dingin karena inin mendapatkan berat badan yang ideal. Minum air dingin di rasa bisa membuat badan menjadi gemuk.

Faktanya, suhu air sedingin apapun setelah masuk ke dalam tubuh akan dihangatkan sesuai dengan suhu sistem pencernaan. Suhu air tidak akan mempengaruhi penyerapan lemak sehingga tak ada kaitannya dengan penambahan berat badan.

4. Sakit pinggang diakibatkan oleh kekurangan cairan tubuh

Banyak orang percaya jika gejala sakit pinggang merupakan tanda tubuh kekurangan cairan. Faktanya , sakit pinggang bukan dikarenakan tubuh kekurangan cairan melainkan ada beberapa masalah kesehatan lain.

Prof Dr dr Perlindungan Siregar mengatakan sakit pinggang tidak ada hubungannya dengan kekurangan cairan.

5. Air adalah obat dari semua penyakit

Air putih dianggap sebagai salah satu obat dari semua penyakit. Faktanya air putih hanya cairan yang membantu proses kerja ginjal lebih baik. Sebab, sakit ginjal ada yang disertai dengan penurunan fungsi ginjal, ada pula yang tidak.

6. Minum banyak air dapat melembapkan kulit

Dan bagi kaum hawa banyak percaya jika minum banyak air putih dapat melembabkan kulit. Dan ini juga mitos salah. Faktanya, tingkat kelembapan kulit ditentukan oleh faktor eksternal, seperti lingkungan, perawatan kulit, dan kelenjar minyak.

Wanita yang minum air putih cukup bisa terlihat lebih berenergi karena cairan tubuh terpenuhi dengan baik sehingga tampil lebih cantik dan fresh.

Nah, itulah dia keenam mitos tentang air putih yang terlanjur di percayai.

Lihat juga : 7 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Ketika Perut Kamu Sedang Kosong

iklan