5 Foto Bersejarah di Indonesia ini Membuat Kamu Kagum Melihatnya

Inafeed.com – Mempelajari soal sejarah Indonesia memang bisa menjadi salah satu hal yang menarik. Apalagi bisa menambah wawasa kamu yang lebih luas.

Dan kali ini beredar sejumlah foto – foto bersejarah Indonesia yang bisa bikin kagum sendiri melihatnya.

Foto – foto ini beredar di sejumlah media sosial mulai dari Twitter , instagram , Facebook bahkan situs – sits sejarah lainnya.

Seperti yang dilansir dari Viva.co.id, inilah dia 5 foto bersejarah di Indonesia yang membuat kamu kagum melihatnya.

1. Sutirah, Pawang Hewan Wanita Pertama di Indonesia.

11

Salah satu foto sejarah yang mengagumkan yakni foto sosok wanita yang dianggap sebagai pawang hewan wanita pertama di Indonesia. Foto tersebut memprlihatkan sosok wanita dengan rambut panjang dan gaun putih panjang tengah berpose dengan seekor buaya. Sekilas memang menyeramkan namun yang mengagumkannya lagi wanita itu tak hanya mendekati buaya saja tetapi dirinya menggendong buaya dengan lengannya.

Wajahnya tak memperlihatkan rasa takut bahkan wanita yang dikenal dengan nama Sutirah ini tampak dengan santai memperlakukan buaya tersebut.

Sutirah yang lahir pada tahun 1863 itu memang sejak kecil punya keahilan khusus dalam berinteraksi dengan hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Ketika remaja, Sutirah mulai dipercayakan oleh penduduk untuk membantu segala urusan yang berkenaan dengan ternak mereka.

Hingga pada akhirnya , kemampuan Sutirah untuk berkomunikasi dengan binatang dikenal luas oleh masyarakat, hingga suatu hari Sutirah dipanggil ke sebuah perkebunan teh di Jawa Barat untuk diperbantukan menghalau macan tutul yang kerap mengganggu para pemetik teh di perkebunan itu.

Akibat kesuksesannya tersebut, Sutirah dipekerjakan di Dierenbescherming Agentschappen (lembaga pengawasan hewan bentukan kolonial). Sutirah sempat pula bekerja dengan Carl Wilhelm Weber, ahli zoologi terkenal. Bersama Weber, Sutirah berkesempatan menjelajah ke berbagai pelosok mulai dari Lombok, Sulawesi sampai ke kepulauan Tanimbar untuk mengklasifikasi hewan vertebrata.

2. Pak Kamid, Petani yang Berjalan Ratusan Kilometer untuk menemui Bung Karno

22

Foto sejarah yang juga tak kakalah mengagumkan yakni foto sosok  petani bernama Pak Kamid yang rela berjalan ratusan kilometer demi bisa menemui Bung Karno .

Bung Karno memang menjadi salah satu pemimpin Indonesia yang paling disegani di dunia. Mulai dari rakyat jelata hingga para pemimpin dunia seolah “tersihir” oleh pesona Sang Putera Fajar.

Dan ternyata sosok Bung Karno ini membuat pak Kamid terobsesi hingga nekat untuk bertemu langsung dengan pelopor Indonesia pertama itu.

Pak Kamid yang terkenal sebagai seorang petani dari Sumedang ini nekat berjalan kaki ke Jakarta  pada bulan April tahun 1947. Dengan jarak ratusan kilometer Pak Kamid tetap semangat untuk bertemu dengan sang proklamator itu.

Hingga pada akhirnya , Pak Kamid sampai ke Jakarta dirinya segera bersimpuh di kaki Bung Karno. Sementara presiden pertama Indonesia tersebut justru tampak segan dan menepuk bahu petani tersebut.

3. Gadis Eropa Belajar Tarian Jawa

33

Salah satu foto sejarah yang memperlihatn sosok gadis Eropa sedang belajar tarian Jawa ini juga menjadi foto sejarah yang mengagumkan.

Foto ini diambil pada tahun 1919 itu mem[erlihatkan seorang gadis berkebangsaan Belanda tertarik untuk mempelajari kebudayaan Indonesia salah satunya dirinya terobsesi dengan gerak tarian Jawa.

Saking terobesinya dengan budaya Indonesia, gadis cantik ini memakai baju khas Jawa, lengkap dengan selendang dan kemban.

4. Buaya Raksasa yang Dijadikan Pajangan

44

Salah satu keunikan yang ada di pulai Borneo Indonesia yakni suaka marga satwanya yang mengagumkan. Banyak sekali binatang – binatang unik yang bisa menjadi cerita sejarah negara Indonesia.

Dan ada salah satu foto yang memperlihatkan keindahan Borneo yakni berupa buaya raksasa yang dianggap sebagai binatang penjagaan.

Menariknya dalam foto tersebut memperlihatkan buaya yang penuh kasih sayang menjadi seorang wanita sedang duduk di tangga. Buaya yang dikenal sebagai binatang berbahaya itu ternyata bisa menjadi teman si gadis tersebut.

5. Bung Karno Tertidur di Samping Naoko Nemoto

55

Bung Karno menjadi salah satu proklamator Indonesia yang memiliki banyak istri. Salah satu istri yang paling disayanginya yakni Naoko Nemoto yang merupakan gadis asal Jepang .

Semenjak resmi menjadi istri bung Karno , Naoko merubah namanya menjadi Ratna Sari Dewi dirinya pun berusaha mencintai budaya Indonesia. Bahkan setiap harinya Neoko tampil sangat cantik dalam balutan kebaya dan tampak seperti gadis Indonesia.

Dewi pun begitu sayangnya dengan Bung Karno bahkan ada satu foto yang memperlihatkan Bung Karno sedang tertidur di samping Naoko Nemoto ini.

Tampak wajah Bung Karno yang tentram dan penuh kasih sayang.

Nah, ityulah dia kelima foto sejarah Indonesia yang begitu mengagumkan.

iklan