5 Negara Maju ini Sudah Tidak Lagi Menggunakan Ujian Nasional

UN

Situshiburan.com – Sistem pendidikan tiap tahun berbeda – beda, kini dikabarkan jika Ujian Nasional sudah tidak berpengaruh terhadap keluluasan para pelajar. Pelajar bisa dinyatakan lulus melalui jumlah nilai akhir selama dirinya menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Bahkan kini dikabarkan ada sejumlah negara maju yang sudah tidak lagi menggunakan Ujian Nasional.

Ujian Nasional ini dilaksanakan hanya untuk mendapatkan nilai tertinggi agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Beberapa negara maju yang sudah tidak lagi menggunakan Ujian Nasional ini mereka memiliki ketentuan dan persyaratan tersendiri dalam dunia pendidikan di negara mereka.

Mau tahu negara maju mana saja yang sudah tidak lagi menggunakan Ujian Nasional ? seperti yang dilakukan oleh pulsk.com, inilah dia 5 Negara maju yang sudah tidak lagi menggunakan Ujian Nasioanl.

1. Finlandia

Finlandia ini merupakan salah satu negara yang sudah tidak memberlakukan Ujian Nasional. Finlandia ini termasuk negara yang memiliki system pendidikan termaju di dunia . Alasan negara Finlandia tidak memberlakukan Ujian Nasional karena mutu pendidikan sepenuhnya dipercayakan kepada para guru sehingga negara berkewajiban melatih dan mendidik guru guru agar bisa melaksanakan evaluasi yang berkualitas. Dengan bisa melahirkan anak didik yang berkualitas itulah yang membuat profesi guru di Finlandia ini lebih tinggi dibandingkan profesi seorang dokter.

2. Amerika

Ujian Nasional juga sudah tidak berlaku di negara Amerika. Namun karena di negara Amerika ini terdiri dari beberapa bagian wilayah sehingga sekolah – sekolah disana menerapkan sistem pendidikan yang ebrbeda. Diketahui ada sebagaian sekolah yang sudah tidak memberlakukan Ujian Nasional dan ada juga yang masih memberlakukan Ujian Nasional. Di Amerika sendiri memiliki sejumlah ketentuan berdasarkan logika terkait sistem pendidikan .
Logika pendidikan yang digunakan yaitu: Kualitas pendidikan ditentukan oleh individu masing-masing kelulusan. Walaupun Si A lulusan dari SMA pinggiran yang tidak terkenal, kalau dia lulus tes masuk ke Universitas Harvard, maka diapun akan diterima di universitas tersebut. Jadi masalah kualitas ditentukan oleh individu (individual quality) dalm diri siswa masing – masing.

3. Jerman

Jerman juga termasuk negara maju yang tidak memberlakukan sistem Ujian Nasional. Dalam mengatasi hal ini , Jerman memiliki sejumlah kebijakan tersendiri kenapa Ujian Nasioanal disana sudah tidak berlaku. Kebijaksanaan yang diutamakan adalah membantu setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal. Tanpa Ujian Nasional saja , guru bisa meluluskan siswanya dengan melihat kesungguhan belajarnya, hasil belajarnya, kemampuan intelektual, partisipasinya .

Dan untuk melahirkan anak didik yang beretos kerja tinggi, peduli mutu, dan gemar belajar, Jerman selalu membutuhkan beberapa dukungan terkait :

    • Menyediakan guru yang profesional, yang seluruh waktunya dicurahkan untuk menjadi
      pendidik
    • Menyediakan fasilitas sekolah yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan penuh kegembiraan dengan fasilitas olahraga dan ruang bermain yang memadai dan ruang kerja guru
    • Menyediakan media pembelajaran yang kaya, yang memungkinkan peserta didik dapat secara terus-menerus belajar melalui membaca buku wajib, buku rujukan, dan buku bacaan, (termasuk novel), serta kelengkapan laboratorium dan perpustakaan yang memungkinkan peserta didik belajar sampai tingkatan menikmati belajar
    • Evaluasi yang terus-menerus, komprehensif dan obyektif.

4. Kanada

Ujian Nasional juga sudah tidak diberlakukan di negara Kanada . Dalam mengatasi sistem pendidikan , Kanada  mengedepankan mutu anak didiknya dengan dibantu oleh sebuah Lembaga. Bahkan tanpa adanya Ujian Nasioanl, siswa di Kanada bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dengan berbekal mutu pendidikan yang telah di dapatnya selama di bangku sekolah. Perguruan tinggi di Kanada ini sangat mudah ditempuh karena standar sekolah di sana sudah sesuai dengan standar perguruan tinggi yang akan dimasuki setiap lulusan sekolah.

5. Australia

Negara Australia juga termasuk negara yang tidak memberlakukan Ujian Nasioanl. Bahkan di negara Australia ini sangat mudah untuk meluluskan peserta didiknya tanpa memandang nilai tertinggi. Nilai nol pun tetap dinyatakan lulus. Kelulusan disana bukan menjadi penghalang bagi siswa untuk melanjutkan ke perguruan yang lebih tinggi. Sebab, berhasil tidaknya siswa di Australia ini tergantung dari mutu pendidikan yang didapatkan selama belajar dan ini menjadi bekal bagi diri mereka untuk sukses. Itulah kenapa jika siswa di negara Australia ini bisa mendapatkan kesuksesan yang berbeda – beda walaupun berasa dari sekolah yang sama.

Nah, itulah dia kelima negara yang tidak memberlakukan Ujian Nasional.