Ternyata 10 Makanan Terkenal Ini Terbuat Dari Tinja dan Ludah. Salah Satunya Pasti Pernah Kamu Makan

Inafeed.com – Tahukah kamu jika sejumlah makanan terkenal yang dipercaya punya manfaat sehat bila dikonsumsi itu ternyata berbahan dasar tinja dan ludah.

Bukan karena tidak memperdulikan kebersihan , terkadang sebuah perusahaan berusaha menciptakan terobosan terbaru demi meningkatkan kesehatan manusia.

Dan kali ini ada 10 makanan terkenal di dunia yang terbuat dari tinja dan ludah. Seperti yang dilansir dari liputan6.com, inilah dia diantaranya :

1. Kopi Luwak

01

Apakah kamu pernah mengkonsumsi kopi luak ? Minuman kopi yang satu ini memang dipercaya dengan kenikmatan rasa yang hebat. Namun tahukah kamu jika kopi luak itu pada dasarnya merupakan kopi yang diambil dari tinja hewan luak.

Walaupun sedikit menjijikan , namun tinja kopi luwak ini diolah sebersih mungkin hingga menjadikan sebuah minuman paling mahal sendunia.

2. Teh Hijau Tinja Panda

02

Teh hijau panda adalah teh yang juga paling digemari banyak orang, Teh panda ini pada dasarnya merupakan produk minuman yang bersumber dari hewan panda  yang hanya mencerna sekitar 30 persen gizi dalam bambu.

An Yashi, pengusaha, pakar alam liar, sekaligus pengajar di Sinchuan University itu mengubah tinja panda menjadi teh hijau yang unik. Teh yang ditanamnya itu disuburkan dengan tinja panda sehingga memberi dampak istimewa. Harga teh tinjau itu mencapai US$ 35 ribu untuk 1 pon, sekitar 454 gram.

3. Un, Kono Kuro

03

Un, Kuno Kuro ini merupakan sebuah minuman sejenis bir . Dan tahukah kamu ternyata minuman bir yang satu ini dibuat dari sebuah tinja.

Kata “unko”, bahasa Jepang itu artinya tinja.  Namun bir yang satu ini katanya dibuat dari buah kopi yang dikumpulkan oleh gajah-gajah di Yayasan Gajah Segitiga Emas di Thailand.

Gajah – gajah yang gemar makan kopi ini memang dirawat dengan khusus agar bisa menghasilkan tinja yang baik. Untuk 33 kilogram biji kopi yang ditelan, hanya ada 1 kilogram yang bisa dipakai ketika keluar bersama tinja gajah.

4. Chicha

04

Chicha adalah bir jagung yang dibuat di Andes. Secara tradisional, Chicha diproses melalui fermentasi dimana si pembuat Chicha mengulum tepung jagung dengan lidahnya sehingga lembab karena ludah mereka.

Enzim dalam ludah kita cukup untuk mengubah kanji jagung menjadi gula yang dapat berfermentasi. Setelah masa pengeringan, kue-kue tepung jagung itu siap di santap.

5. Madu

05

Madu juga merupakan salah satu produk terkenal yang ternyata dibuat dari hasil ludah si lebah. Madu dihasilkan dari nektar lebah madu.

Untuk menghasilkan madu yang baik, lebah madu perlu kembali ke sarang setelah mengujungi sekitar 1500 kuntum bunga dan kemudian memberikan nektar kepada lebah pekerja dengan cara memuntahkan nektar dari lambung ke dua tersebut ke mulut lebah pekerja.

Dari proses itulah madu bisa dikonsumsi manusia bahkan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luarbiasa.

6. Shellac

06

Shellac adalah zat yang lazim dipakai sebagai pelapis makanan. Dan tahukah kamu jika Shellac adalah hasil pemurnian lac, suatu tinja dari serangga Laccifer lacca Kerr yang ada di India, Thailand, dan Myanmar.

Tinja itu berbentuk ranting-ranting yang kemudian direndam dalam air untuk membersihkannya. Setelah itu , ranting tersebut direndam dalam sodium karbonat untuk menghilangkan asam yang kemudian dimurnikan.

7. Sosis Tinja Babi

07

Ssosi tinja bayi atau yang dikenal dengan nama sosis fuet ini merupakan hasil dari kotoran bayi. Menurut sejumlah peneliti mengaku telah mengembangkan cara fermentasi sosis yang menghasilkan makanan sehat penuh bakteri baik sebagaimana halnya yogurt probiotik.

Sementara itu , para peneliti mengkulturkan bakteri dari 43 sampel tinja dan menggunakannya untuk membuat suatu jenis sosis babi.

8. Kuchikami No Sake

08

Kuchikami No sake ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar alkohol beras yang di proses dengan cara di sering yang kemudian disebut dengan “wine beras”.

Namun proses pembuatan Kuchikami No Sake ini cukup menjijikan dimana si pembuat minuman melakukan proses fermentasi dengan mengunyah beras, buah berangan (chestnut), atau buah pohon ek (acorn).

9. Ambergris

09

Salah satu produk terkenal seperti ambergris ini adalah produk yang dihasilkan dari muntahan ikan paus. Ambergris ini merupakan lendir usus yang dihasilkan dalam lambung atau tenggorokan paus sperma.

Walaupun mejijikan tapi produk ini punya manfaat yang luarbiasa bahkan harganya bisa mencapai US$ 29 per gram.

10. Yan Wo

10

Yan Wo ini merupakan salah satu makanan sejenis sup yang dihasilkan dari sarang burung walet. Sarang burung walet dikenal juga sebagai “kaviar dari timur” karena harga dan statusnya dalam santapan, misalnya di China.

Yan Wo di China, sup sarang burung yang berprotein tinggi dipakai dalam sup, tonik, bahkan makanan penutup yang dijual dengan harga sekitar US$ 5 miliar.

Nah, itulah dia 10 makanan yang diproduksi dari tinja bahkan air liur. Apakah kamu pernah mengkonsumsi salah satu makanan di atas ?

iklan