5 Tembok Raksasa Paling bersejarah yang pernah ada di Dunia. Yuk Lihat

Inafeed.com – Setiap negara pasti memiliki cerita sejarah yang sulit dilupakan mulai dari sejarah penjajahan , kemerdekaan bahkan benda peninggalan – peninggalan zaman kuno yang kadang menjadi cerita misteri.

Dan kali ini ada sebuah tembok raksasa yang diketahui sebagai monument paling bersejarah di dunia.

Baca juga : 9 Arsitektur Gagal ini Kocak Abis Bikin Kamu Ketawa Ngakak Aja Lihatnya

Ukuran yang besar ditambah dengan gaya arsitektur yang tak biasa ini memberikan makna tersendiri.

Seperti yang dilansir dari viva.co.id, inilah dia 5 tembok bersejarah yang pernah ada di dunia. Yuk, simak bersama !

1. Tembok Ratapang

11

Salah satu tembok paling bersejarah di dunia yang selama ini dikenal sebagai monument terunik yakni tembok Ratapang. Tembok pertama yang menyuguhkan beragam keunikan ini ternyata menjadi salah satu situs religius terpenting bagi bangsa Yahudi di seluruh dunia.

Dalam perkembangannya situ ini sempat menjadi sengketa antara Palestina dan Israel. Sebab dulunya Tembok Ratapan berada di lokasi yang menjadi daerah kekuasaan kaum muslim di Palestina.

2. Tembok Berlin

22

Tembok Berlin juga menjadi salah satu tembok paling bersejarah di dunia. Tembok Berlin didirikan oleh pemerintah Jerman Timur yang beraliran fasis untuk mencegah bangsa lain memasuki wilayah tersebut.

Konon katanya , tembok ini saksi bisu bagi perkembangan Jerman di masa lalu. Tembok Berlin merupakan tembok pemisah antara Jerman Timur dan Jerman Barat di masa lalu tepatnya pada tahun 1961.

Dan ada beberapa kisah misteri dari tembok ini dimana lebih dari 100 orang menemui ajal saat mencoba melarikan diri melalui tembok tersebut. Ribuan lainnya berhasil hijrah dengan menggali terowongan atau menaiki balon udara buatan sendiri.

Kabarnya , tembok tersebut berdiri selama lebih dari 28 tahun sebelum dirobohkan pada 9 November 1989.

3. Tembok Konstantinopel

33

Tembok Konstantinopel ini juga menjadi salah satu tembok raksasa yang paling bersejarah di dunia Tembok ini memiliki julukan lain yakni dikenal sebagaiTembook Theodosian, dilengkapi parit, dinding luar setinggi 27 kaki dan dinding dalam seukuran 40 kaki.

Dinding Konstantinopel berhasil mengusir sejumlah penakluk, antara lain Attila sang Hun. Namun pada akhirnya bangsa Turki berhasil menguasai Konstantinopel dan meruntuhkan Kekaisaran Byzantium.

4. Tembok Hadrian

44

Tembok Hadrian juga menjadi salah satu tembok raksasa paling bersejarah. Tembok Hdrian dikatakan sebagai saksi bisu masa kejayaan bangsa Romawi. Tembok yang membentang dari Laut Irlandia sampai Laut Utara ini merupakan bukti kekuasaan Romawi selama 6 abad di Inggris.

Tembok ini sempat ditelantarkan pada tahun 140 M. Fungsinya digantikan oleh Tembok Antoine. Namun Tembok Hadrian tetap bertahan sebagai salah satu benteng terkuat Inggris sampai Romawi menarik diri dari daerah tersebut pada abad 5. Tembok Hadrian telah terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987. Saat ini tembok tersebut termasuk salah satu situs bersejarah paling banyak dikunjungi di Inggris.

5. Tembok Besar China

tembok_besar_china

Tembok besar China adalah tembok raksasa paling bersejarah yang didirikan atas perintah Kaisar Qin Shi Huang pada abad 3. Tembok legendaris ini tersusun dari kumpulan batu, kayu, dan barikade tanah sejauh ribuan mil, membentang dari Gurun Gobi hingga ke perbatasan Korea Utara. Tembok Besar China memang sempat menjadi struktur terbesar yang pernah dibuat oleh manusia hingga masuk ke jajaran 7 Keajaiban Dunia.

Nah, itulah dia kelima tembok raksasa paling bersejarah yang pernah ada di dunia.