6 Bahaya Jika Kamu tidur Lagi Setelah Solat Subuh

tdur

Situshiburan.com – Di bulan Suci Ramadhan ini seluruh umat muslim di dunia sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Aktivitas di buan suci Ramadhan ini memang bisa dikatakan begitu berbeda di bandingkan hari biasa yakni setiap subuh tepatnya pukul 03.00 dini hari mereka harus melaksanakan sunah makan sahur yang dilanjutkan dengan sholat subuh. Namun kebiasaan buruk seringkali dilakukan oleh banyak orang dimana setelah sholat subuh mereka memilih untuk tidur, apalagi bagi mereka yang tidak punya aktivitas harian. Tidur setelah sholat subuh ini memang tidak ada yang melarang . Akan tetapi, perlu diketahui jika ada banyak bahaya yang mengintai jika kamu tidur lagi setelah sholat subuh.

Beberapa bahaya yang dapat kamu dapatkan ketika kamu tidur lagi setelah sholat subuh ini bisa mengancam kesehatan tubuh dan juga kesehatan jasmani dan rohani.

Mau tahu apa saja bahaya jika kamu tidur lagi setelah sholat Subuh ? seperti yang dilansir dari sebarkanlah.com, inilah dia diantaranya :

1. Menyelisihi sunnah Rasul

Tidur sehabis sholat subuh ini termasuk kebiasaan yang menyelisih sunnah Rasul. Sebab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada umatnya untuk bangun pagi melakukan kewajiban shlat subuh dan dilanjutkan dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat . Sehabis Sholat subuh Rasulullah SAW biasanya berdzikir hingga terbit fajar . Namun buat kamu yang tak ingin menyelisih sunnah Rasul ini disarankan jangan tidur sehabis sholat subuh , kamu bisa melakukan hal yang lebih bermanfaat seperti berolahraga atau mempersiapkan diri lebih awal untuk pergi ke kantor.

2. Tidak mendapatkan barakah waktu pagi

Banyak orang yang mengatakan jika bangun siang hari maka rejekinya telah dipetok ayam. Ini memang benar , terkait bahaya tidur sehabis sholat subuh ini juga kamu akan tidak mendapatkan barakah waktu pagi. Hal ini juga termasuk dalam sebuah hadist jika Rasulullah mendoakan keberkahan bagi umatnya yang bangun di waktu pagi.

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud)

Itulah kenapa jika melakukan aktivitas yang dimulai sejak pagi hari ini lebih lancar dibandingkan orang yang bangun kesiangan.

3. Malas, hilang semangat

Bahaya jika kamu tidur sehabis sholat subuh ini juga akan membuat kamu merasa malasa dan hilang semangat untuk beraktivitas sehat. Dari sini kamu akan banyak kehilangan aktivitas yang sebenarnya lebih bermanfaat bila diwaktu sejak pagi tadi.  Bahkan sebagian ulama menjelaskan bahwa ghadwah dalam hadits ini artinya adalah waktu antara Subuh dan matahari terbit.

4. Lemah, mudah sakit

Tidur sehabis sholat subuh ini akan membuat kamu terserang banyak penyakit. Hal ini disebabkan ketika kamu tidur sehabis sholat subuh akan membuat kondisi fisik kamu melemah. Dalam hal ini sistem kekebalan tubuh kamu menurun yang membuat kamu mudah terserang banyak penyakit dan salah satu penyakit utamanya kamu akan mengalami sakit kepala , pusing , dan rasa mual akibat tidur lagi sehabis sholat subuh.

5. Lemah syahwat

Orang yang tidur lagi sehabis sholat subuh maka akan lebih mudah menderita lemah syahwat. Itulah kenapa jika pria dianjurkan untuk bangun pagi dan berolahraga agar stamina tetap terjaga dan semangat melakukan aktivitas seharian.

6. Terhalang dari rezeki

Ibnu Qayyim Al Jauziyah masih dalam Zaadul Ma’ad mengatakan: “Empat hal yang menghalangi datangnya rezeki adalah tidur di waktu pagi, sedikit shalat, malas-malasan dan berkhianat.” Selain itu, banyak orang yang mengatakan jika bangun siang hari maka rejekinya telah dipetok ayam. Itulah kenapa jika banyak orang yang bangun pagi itu bisa cepat sukses dibandingkan orang yang bangun di siang hari akibat terhalang rezeki.

Nah, mulai sekarang mulailah hidup sehat dengan taat beribadah di subuh hari dan rajin melakukan aktivitas di pagi hari agar hidup kamu terasa lebih tentram dan damai.